Bagaimana Menggunakan Wireless Router dengan Internet Satelit?

wireless routers satellite

Bagaimana Menggunakan Wireless Router dengan Internet Satelit?

Layanan internet satelit kini semakin banyak diminati, terutama bagi orang-orang yang hidup di wilayah dengan akses terbatas. Contohnya seperti para kontraktor yang sedang mengerjakan proyek di tempat baru, misalnya di tengah laut, pegunungan, dan sebagainya.

Nah, agar komunikasi tetap berjalan walau berada di daerah terpencil, koneksi internet satelit harus terus lancar. Hal ini bisa dilakukan salah satunya dengan menambahkan wireless router pada peranti komputer Anda. Bagaimana caranya?

Apa Itu internet satelit?

Sebelum membahas topik menggunakan wireless router, ada baiknya pula Anda untuk mengetahui apa itu internet satelit. Berbeda dengan jaringan koneksi internet yang menggunakan kabel, internet satelit merupakan layanan yang menggunakan sebuah peranti berupa piringan untuk menerima sinyal.

Piringan satelit inilah yang akan mengirim dan menerima sinyal dengan satelit yang mengelilingi orbit untuk memberikan akses kepada penerimanya.

Sebelum memutuskan untuk menggunakan internet satelit, silahkan baca 4 mitas/fakta tentang internet satelit.

Agar bisa menggunakannya secara optimal, Anda harus memastikan bahwa piringan penerima sinyal tersebut dalam kondisi baik. Pasalnya, lalu lintas internet satelit cenderung tinggi dan bila peranti Anda tidak mampu menerima sinyal secara baik, maka akan terganggu.

Internet satelit cocok digunakan di daerah dengan akses yang terpencil dengan kegunaan yang beragam. Misalnya seperti untuk keperluan militer, bencana, dan sebagainya.

Selain menggunakan peranti berupa piringan untuk menerima sinyal, Anda juga dapat menikmati internet satelit dengan menambahkan wireless router.

Peranti ini merupakan router yang memiliki kemampuan selain untuk menangkap sinyal juga mampu memiliki koneksi Wi-Fi. Bagaimana menggunakannya untuk internet satelit?

Cara menggunakan wireless router

Agar dapat menggunakan wireless router agar tetap terhubung dengan internet satelit, ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan. Di antaranya adalah:

Hubungi penyedia (provider) jasa layanan internet satelit yang akan Anda gunakan. Kemudian, provider men-install sistem satelit yang akan digunakan. Anda harus memasang parabola dan modem satelit untuk menerima dan mengirimkan sinyal.

Lalu, provider akan menghubungkan modem tersebut ke satu atau lebih komputer dan melakukan uji coba jaringan.

Setelah Anda membuka kemasan wireless router, letakkanlah di sebelah modem satelit. Kemudian tancapkan kabel listrik ke stop kontak.

Ambillah kabel ethernet dan colokkan salah satu ujungnya ke LAN port modem satelit. Lalu, pasang yang lain ke internet Wide Area Network (WAN) port router Anda.

Install software ke router atau komputer. Untuk memasangnya, Anda harus melakukannya satu per satu demi mendapatkan jaringan koneksi lancar.

Bila tidak ada software, hubungkanlah salah satu kabel ethernet ke komputer Anda. Sementara sambungkan kabel yang lainnya ke port terbuka pada router nirkabel Anda. Tunggulah beberapa saat, komputer akan mendeteksi dan membuat koneksi baru.

Terakhir, Anda bisa melihat koneksi internet di bagian bawah layar komputer. Hal ini sama seperti ketika melihat kekuatan sinyal koneksi internet pada umumnya.

Jika komputer sudah terhubung ke modem satelit dan dikonfigurasi dengan benar, Anda bisa menghapus kabel ethernet dari komputer. Kini Anda dapat menikmati layanan internet satelit tersebut sesuai dengan kebutuhan.

Saat ini hampir semua komputer baru dilengkapi dengan fitur wireless. Namun, jika tidak ada, Anda harus men-install-nya terlebih dahulu untuk bisa menggunakannya.

Selain itu, kekuatan sinyal dari jaringan wireless juga bervariasi, tergantung dari di mana tempat Anda meletakkan wireless router. Pastikan router Anda tidak terhalang agar sinyal menjadi lancar.

Hal penting lainnya untuk Anda perhatikan adalah jaringan wireless rentan terhadap pengguna dari luar. Untuk itulah pastikan software pada komputer terproteksi dengan baik. Selamat mencoba, ya!

Source : Best Router For Satellite Internet
______________

PT. Mega Sarana Satelit (MSS) adalah official partner Thuraya di Indonesia. MSS berdedikasi dalam menyediakan solusi komunikasi terutama di lokasi yang terpencil atau sulit dijangkau seperti di daerah lepas pantai (offshore), pegunungan, hutan, bahkan udara (untuk penerbangan). Bentuk solusi kami adalah penjualan teknologi komunikasi satelit antara lain modem internet satelit, hp satelit dan telepon satelit. Hubungi kami jika ada pertanyaan seputar komunikasi melalui jaringan satelit.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *