Perbandingan Thuraya XT Pro VS Thuraya XT Lite

Thuraya XT-Pro vs XT-Lite

Perbandingan Thuraya XT Pro VS Thuraya XT Lite

Meski mungkin di Indonesia popularitasnya belum setinggi telepon seluler, telepon satelit tetap memiliki fungsi tersendiri yang tak kalah penting.

Umumnya, telepon satelit digunakan di daerah-daerah terpencil karena memiliki jangkauan yang lebih luas. Hal ini bisa terjadi karena base transceiver station (BTS) dari telepon satelit berada di udara, sedangkan BTS dari telepon berbasis GSM berada di tanah.

Sama halnya dengan telepon seluler, telepon satelit juga hadir dalam beragam produk. Dari sekian banyak produk yang beredar, ada dua tipe telepon satelit yang cukup unggul di pasaran, yaitu Thuraya XT Pro dan Thuraya XT Lite.

Keduanya kerap dibandingkan karena memiliki bentuk dan fitur yang mirip. Namun, tetap ada beberapa perbedaan yang perlu Anda ketahui. Apa saja?

XT Lite lebih ringan daripada XT Pro

Jika dilihat dari segi ukuran, Thuraya XT Lite memiliki bobot yang lebih ringan daripada Thuraya XT Pro, yakni 186 gram dengan ukuran 128 x 53 x 27 mm. Sementara itu, bobot dari XT Pro adalah 212 gram dan memiliki ukuran sama dengan XT Lite.

XT Pro juga dibekali dengan layar berukuran 2,4 inci, yang menjadi ukuran layar terbesar di kelasnya. Namun, apabila Anda termasuk orang yang lebih menyukai telepon satelit dengan bobot cenderung ringan, Thuraya XT Lite bisa menjadi pilihan yang tepat.

Waktu Standby

Dengan waktu standby mencapai delapan puluh jam, XT Lite mampu dibuat melakukan panggilan telepon hingga maksimal enam jam.

Sementara itu, XT Pro memiliki waktu standby lebih lama dari XT Lite, yakni seratus jam dengan talk-time mencapai sembilan jam.

Spesifikasi

XT Pro memiliki spesifikasi yang lebih powerful. Sebaliknya, jika Anda lebih mengutamakan spesifikasi dan performa, Thuraya XT Pro lebih cocok untuk Anda.

XT Pro bahkan kerap disebut sebagai telepon satelit yang kaya akan fitur sehingga mampu memenuhi aneka macam kebutuhan.

Sedangkan, Thuraya XT Lite dikenal sebagai versi scaled-down dari XT Pro. Hal ini karena memang XT Lite didesain untuk memenuhi kebutuhan layanan dasar dari telepon satelit, yakni telepon dan SMS.

Telepon satelit ini juga dibekali dengan sistem navigasi seperti GPS, BeiDou, dan Glonass yang memungkinkan Anda untuk melakukan komunikasi secara lebih mudah dan lancar.

Tak hanya telepon dan SMS, Anda juga bisa melakukan fax dan mendapatkan koneksi internet dengan menggunakan XT Pro. Tidak ketinggalan in-built tombol SOS dan fitur proteksi berupa jet water, dust resistant, hingga shock proof.

Sama-sama dukung banyak bahasa

Baik Thuraya XT Pro dan XT Lite sama-sama mampu mendukung penggunaan banyak bahasa. Hanya saja, jumlah bahasa yang didukung XT Pro memang lebih banyak, yakni tiga belas.

Di sisi lain, XT Lite mampu mendukung dua belas bahasa. Beberapa bahasa yang didukung oleh XT Pro dan XT Lite adalah Italia, Rusia, Jerman, Inggris, Arab, Prancis, Portugis, Spanyol, dan Turki.

Namun, jika mencari telepon satelit yang mendukung Bahasa Indonesia, Thuraya XT Pro merupakan solusi tepat untuk Anda.

Jadi, harus menggunakan yang mana?

Jawabannya tentu bergantung pada kebutuhan Anda masing-masing. Dilihat dari spesifikasinya, Thuraya XT Pro memang mampu memberi coverage dan performa yang lebih baik.

Jadi, jika Anda hendak pergi ke medan yang sekiranya sangat susah dicapai dan memiliki kondisi kurang kondusif, telepon satelit Thuraya XT Pro bisa menemani Anda dengan baik.

Namun, apabila Anda sudah yakin hanya akan melakukan komunikasi melalui panggilan telepon dan SMS saja, Thuraya XT Lite merupakan pilihan yang lebih tepat. Intinya, pertimbangkan dulu kebutuhan Anda sebelum menentukan pilihan.

Thuraya sudah cukup lama dikenal sebagai salah satu produsen telepon satelit terbaik. Dua produknya, XT Pro dan XT Lite, cukup populer diperbincangkan. Semoga ulasan di atas bisa membantu Anda menentukan pilihan di antara dua telepon satelit tersebut.

Source : Thuraya XT-PRO vs Thuraya LITE – Satellite Phone Comparison

______________

PT. Mega Sarana Satelit (MSS) adalah official partner Thuraya di Indonesia.  MSS berdedikasi dalam menyediakan solusi komunikasi terutama di lokasi yang terpencil atau sulit dijangkau seperti di daerah lepas pantai (offshore), pegunungan, hutan, bahkan udara (untuk penerbangan).  Bentuk solusi kami adalah penjualan teknologi komunikasi satelit antara lain modem internet satelit, hp satelit dan telepon satelit.  Hubungi kami jika ada pertanyaan seputar komunikasi melalui jaringan satelit.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *