Peran Thuraya IP dalam Pendakian Gunung

pendakian-gunung

Peran Thuraya IP dalam Pendakian Gunung

Modem internet satelit memegang peranan penting dalam proses komunikasi yang jangkauannya lebih luas dari telepon GSM biasa. Berbagai kegiatan membutuhkan penggunaan jaringan satelit, salah satunya kegiatan pendakian gunung.

Lokasi yang cukup terpencil serta sukar diprediksi membuat kegiatan komunikasi harus diutamakan. Khususnya untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan hal-hal tak terduga yang mungkin terjadi, seperti longsor dan beragam bencana alam lainnya.

Pentingnya penggunaan telepon satelit dalam kegiatan pendakian gunung juga bukan tanpa alasan. Hal ini telah dibuktikan dari tragedi longsoran Everest pada April 2014 lalu. Tragedi ini disebut sebagai yang terparah di gunung itu.

Dalam upaya penyelematan, tim pendakian puncak gunung memanfaatkan modem internet satelit yaitu Thuraya IP sebagai alat komunikasi untuk mendapatkan bantuan yang diperlukan.

Thuraya mensponsori tim Madison Mountaineering Climbing

Pelajaran didapatkan melalui kesulitan. Inilah yang terjadi pada tragedi longsoran Everest. Bagi banyak orang, mendaki gunung bukanlah olahraga mudah. Sebuah ekspedisi membutuhkan pelatihan intensif, perencanaan terperinci, dan tim harus siap menghadapi segala kemungkinan yang bisa terjadi.

Pada April 2014, Thuraya menerapkan Sistem Teknologi Satelit Terapan AS (AST Systems) dan SatPhoneCity, mensponsori tim pendakian Gunung Madison dengan peralatan mobile komunikasi satelit pada ekspedisi ke puncak Gunung Everest.

Tim tersebut menerima terminal broadband satelit Thuraya IP serta layanan airtime untuk ekspedisi mereka. Peralatan satelit Thuraya memungkinkan tim menerima laporan ramalan cuaca secara detail untuk merencanakan strategi pendakian.

Prakiraan cuaca memberikan kemampuan untuk mengukur kecepatan angin dan kondisi atmosfer lainnya untuk menentukan upaya puncak yang menguntungkan.

“Jendela cuaca” ini sangat penting karena hanya terjadi selama beberapa hari setiap tahun dan pendaki harus siap untuk melakukan upaya ketika itu terjadi.

Selain perencanaan, tim juga menggunakan IP Thuraya untuk berkomunikasi dengan keluarga, teman, dan penggemar online mereka melalui pembaruan rutin pada kemajuan mereka. Dengan bekal pengalaman yang mumpuni, ekspedisi Madison Mounteering yang dilakukan oleh enam orang dimulai dengan baik.

Tragedi longsor Gunung Everest

Sayangnya, tragedi 18 April terjadi. Sambil mempersiapkan rute mendaki Gunung Everest untuk kerumunan pendaki komersial, enam belas pemandu Nepal secara tragis kehilangan nyawa mereka karena longsoran yang mematikan.

Insiden ini dianggap sebagai kecelakaan pendakian gunung paling mematikan yang pernah terjadi di puncak tertinggi dunia. Para pemandu Nepal yang disebut Sherpa mendaki lerang di pagi hari untuk memperbaiki tali dan mempersiapkan rute bagi para pendaki, saat longsor terjadi.

Longsoran salju tersebut terjadi sekitar pukul 06:45 (0100 GMT) di ketinggian sekitar 5.800 meter (19.000 kaki) di daerah yang dikenal sebagai “ladang popcorn”, yang terletak di rute eskalasi Khumbu yang berbahaya.

Dibantu oleh helikopter penyelamat, tim pendaki mencari korban selamat. Setidaknya tujuh orang dapat diselamatkan dari tumpukan es dan salju tersebut.

Peran Thuraya IP

Setelah bencana gunung terburuk yang pernah terjadi tersebut, tim pendakian gunung Madison berupaya melakukan komunikasi dengan dunia luar.

Upaya tersebut berhasil dilakukan menggunakan akses internet satelit yang dapat diandalkan, yaitu Thuraya IP.

Penggunaan telepon satelit memungkinkan tim secara efektif mengomunikasikan upaya penyelamatan dan pemulihan sebagaimana didokumentasikan dalam program Discovery Channel, Everest Avalanche Tragedy.

Sayangnya, tiga orang dari tim pendakian Sherpa secara tragis terbunuh dalam longsoran salju. Upaya penyelamatan dan pemulihan pun berlangsung tidak mudah.

Untuk mencapai lokasi kecelakaan, diperlukan kegigihan hingga memanjat melalui hujan es. Selama pendakian, tim ekspedisi membantu sebanyak mungkin orang. Tragedi itu membawa pengaruh yang sangat besar, hingga akhirnya ekspedisi itu dibatalkan dan para anggotanya pulang ke rumah.

Manfaat menggunakan Thuraya IP dalam kegiatan pendakian gunung

Tragedi yang terjadi di Gunung Everest ini mengajarkan banyak orang tentang pentingnya selalu terhubung dan berkomunikasi. Melalui konektivitas yang dimiliki Thuraya IP, tim pendakian gunung Madison dan korban lain dapat melakukan komunikasi untuk mendapatkan bantuan dengan cepat.

Hal ini menjadi contoh nyata pentingnya menggunakan telepon satelit, khususnya Thuraya IP, dalam menghadapi berbagai kejadian yang tak terprediksi.

Sangat disarankan bagi pengguna yang bekerja di daerah terpencil atau ingin melakukan perjalanan ke tempat-tempat susah jaringan untuk menggunakan telepon satelit Thuraya atau bahkan terminal broadband satelit yang memungkinkan konektivitas di luar jangkauan terestrial.

Layanan satelit mobile Thuraya merupakan cara terbaik untuk tetap terhubung dan terlindungi saat bekerja atau bepergian di daerah terpencil.

Gunakanlah telepon satelit saat ingin melakukan aktivitas di wilayah yang susah sinyal. Usahakan untuk tetap terhubung dengan dunia luar melalui Thuraya IP yang terbukti sangat membantu ketika Anda mengalami kejadian yang tak terduga. Semoga bermanfaat!

Source : Case Study Madison Mountaineering | Thuraya IP
______________

PT. Mega Sarana Satelit (MSS) adalah official partner Thuraya di Indonesia.  MSS berdedikasi dalam menyediakan solusi komunikasi terutama di lokasi yang terpencil atau sulit dijangkau seperti di daerah lepas pantai (offshore), pegunungan, hutan, bahkan udara (untuk penerbangan).  Bentuk solusi kami adalah penjualan teknologi komunikasi satelit antara lain modem internet satelit, hp satelit dan telepon satelit.  Hubungi kami jika ada pertanyaan seputar komunikasi melalui jaringan satelit.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *