Tips Bertahan Hidup Jika Tersesat di Hutan

tersesat di hutan

Tips Bertahan Hidup Jika Tersesat di Hutan

Berbagai film Hollywood telah mengangkat kisah perjuangan bertahan di hutan. Sebut saja The Revenent, The Jungle Book, atau Jungle yang dibintangi oleh Daniel Radcliffe.

Bertahan hidup di hutan memang bukan perkara mudah, apalagi jika Anda tersesat di dalamnya. Sementara memikirkan kemungkinan kehilangan arah di hutan cukup mengerikan, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui untuk berjaga-jaga. Berikut tips penting bertahan hidup jika tersesat di hutan!

STOP

Bukan hanya berarti berhenti, STOP merupakan singkatan dari Stop (berhenti), Think (pikirkan), Observe (amati), Plan (rencanakan).
Tersesat di hutan memang bisa sangat menakutkan, namun Anda harus tetap tenang. Setiap keputusan sangat krusial.

Berteriak meminta pertolongan bisa berguna jika Anda merasa berada dekat dengan sekelompok orang atau penghuni hutan, tapi ingatlah bahwa sulit untuk mengetahui dari mana sebuah teriakan berasal ketika berada di hutan.

Buat keputusan-keputusan pertama yang tepat

Jika Anda terjebak di hutan karena kecelakaan pesawat, tetaplah berada di dekat pesawat untuk melihat apakah penyelamatan akan tiba.

Anda boleh mulai bergerak jika Anda sudah menunggu dan yakin tidak ada seorang pun yang akan datang untuk melakukan penyelamatan.

Apabila Anda berjalan kaki dan mengetahui bahwa posisi Anda tidak jauh dari pemukiman, cobalah untuk mencari tahu dari mana Anda berangkat dan kembali pada titik yang Anda kenali.

Orientasi di hutan

Jika Anda tidak memiliki petunjuk apapun, maka Anda perlu memilih arah dan secara konsisten mengikuti arah tersebut.

Jika memungkinkan, tinggalkan catatan berisi arah ke mana Anda akan pergi dan pukul berapa Anda berada di titik tersebut.

Perjalanan di hutan memang sangat lamban, namun dengan keberuntungan, tim penyelamat mungkin akan mengikuti catatan yang Anda tinggalkan dan menemukan Anda dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Berjalan dalam satu arah umum

Untuk menghindari Anda berjalan mengelilingi hutan secara berputar-putar, Anda harus fokus pada sesuatu di depan Anda dan sesuatu di belakang Anda.

Fokus terhadap kedua hal tersebut akan membantu Anda berjalan di garis yang tepat. Perjalanan di hutan bisa sangat membingungkan dan perasaan takut bisa menjadi lebih besar jika Anda tidak yakin dengan setiap langkah Anda.

Jadi, yakinlah bahwa setiap langkah Anda akan membawa Anda keluar dari hutan.

Alat Komunikasi

Kejadian terjebak di hutan karena kecelakaan pesawat memang sesuatu yang jarang terjadi, dan mungkin Anda tidak akan membuat persiapan apapun.

Namun, jika Anda adalah orang yang suka berpetualang ke gunung atau ke hutan, menyediakan alat komunikasi yang tepat adalah hal yang penting.

Satellite phone (telepon satelit) merupakan alat komunikasi yang memang dibuat untuk menjangkau daerah terpencil. Di kala smartphone gsm biasa tak memiliki sinyal, telepon satelit dapat digunakan untuk berkomunikasi.

Dengan demikian, saat Anda tersesat dan kehilangan arah, Anda dapat menghubungi seseorang dan mengirimkan data gps melalui hp satelit Anda ke orang tersebut.

Ikuti jejak binatang

Carilah jejak yang ditinggalkan binatang yang tinggal di hutan. Ikuti jejak tersebut jika arahnya sama dengan arah Anda berjalan.

Jejak tersebut mungkin saja menuntun Anda pada sumber air atau area terbuka yang membuat Anda lebih mudah terlihat oleh tim penyelamat.

Bawalah tongkat untuk mendorong tanaman-tanaman hutan yang mungkin menganggu langkah Anda dan sebagai bantuan agar tidak cepat lelah dan menjaga keseimbangan.

Tetapkan prioritas untuk bertahan hidup

Ada beberapa hal yang harus Anda prioritaskan untuk dapat bertahan hidup di hutan. Di antaranya adalah menemukan air untuk diminum, menemukan atau membuat tempat untuk tidur sebelum malam tiba, dan mencari sumber makanan. Berikut beberapa tips untuk melakukan prioritas-prioritas tersebut:

Menemukan air di hutan

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah mengumpulkan air hujan. Daun di hutan biasanya lebar-lebar,sehingga Anda bisa menggunakannya untuk menampung air hujan.

Simpan di botol minuman Anda atau minum langsung, yang terpenting Anda harus tetap terhidrasi. Jika bertemu aliran air, pastikan aliran air tersebut mengalir.

Jika tidak, potensi bakterinya cukup besar dan bisa menganggu kesehatan Anda. Anda juga bisa menemukan air pada tangkai bambu.

Tempat untuk tidur

Memilih tempat untuk tidur yang tepat sangat penting untuk menjaga keamanan Anda sehingga hal ini merupakan prioritas utama.

Tempat untuk tidur termudah yang bisa Anda buat adalah menggunakan cabang dan dedaunan yang ramping.

Temukan ranting pohon panjang yang cukup lurus dan sandarkan salah satu ujungnya ke pohon. Tempatkan ranting lebih pendek pada sudut 45 derajat dan tutupi dengan daun besar.

Menemukan makanan

Jangan menghabiskan energi dan waktu untuk berburu binatang. Kemungkinan terbaik yang Anda punya adalah membuat jebakan hewan dan mencari ikan.

Jebakan hewan yang bisa Anda coba di antaranya mencekik, menghancurkan, menggantung, atau menjerat binatang liar dengan menjebak meraka ke dalam perangkap atau di lubang.

Semakin banyak perangkap yang Anda buat, semakin besar pula kemungkinan Anda untuk mendapat makanan.

Kuncinya adalah mengetahui titik penempatan perangkap, dan di hutan, tempat tersebut adalah jejak binatang.

Pastikan Anda mengingat informasi di atas sebagai bekal jika kelak Anda dihadapkan pada situasi tersesat di hutan. Semoga bermanfaat!

Referensi : Jungle Survival Tips

______________

PT. Mega Sarana Satelit (MSS) adalah official partner Thuraya di Indonesia.  MSS berdedikasi dalam menyediakan solusi komunikasi terutama di lokasi yang terpencil atau sulit dijangkau seperti di daerah lepas pantai (offshore), pegunungan, hutan, bahkan udara (untuk penerbangan).  Bentuk solusi kami adalah penjualan teknologi komunikasi satelit antara lain modem internet satelit, hp satelit dan telepon satelit.  Hubungi kami jika ada pertanyaan seputar komunikasi melalui jaringan satelit.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *