Telepon Satelit Harga Terjangkau Kini Bukan Lagi Hanya Impian

telepon-satelit-harga-terjangkau

Telepon Satelit Harga Terjangkau Kini Bukan Lagi Hanya Impian

Saat dulu telepon satelit untuk petama kalinya diperkenalkan, publik menyambutnya sebagai sebuah inovasi yang mampu mengikis dinding yang menghalangi komunikasi ke seluruh penjuru bumi. Meski demikian, tidak semua dapat mendapatkan akses pada terobosan teknologi yang satu ini.

Harga perangkatnya yang menembus $1.000 dan tarif per menitnya yang lebih dari $10 membuat telepon satelit hanya mampu dimiliki dan digunakan oleh kalangan terbatas.

Belum lagi ukurannya yang terlalu besar sehingga menyusahkan untuk dibawa berpergian. Meskipun menawarkan keuntungan, hal-hal semacam ini membuat telepon satelit sulit dijangkau.

Upaya pengembangan telepon satelit

Dalam beberapa dekade terakhir, perusahaan satelit seluler seperti Thuraya terus melakukan riset untuk mengetahui tren konsumen. Tujuannya tak lain supaya bisa menghasilkan telepon satelit yang menarik untuk berbagai kalangan.

Hasilnya, telepon satelit yang beredar pada saat ini bisa lebih mudah dijangkau, mudah digunakan, dan lebih andal.

Agar mampu bersaing dengan perangkat telepon konvensional, telepon satelit terus melakukan terobosan teknologi.

Satu yang paling baru adalah menghasilkan adaptor yang dapat mengubah smartphone menjadi perangkat yang mampu menerima sinyal satelit. Dengan demikian orang-orang dapat memiliki telepon satelit dengan harga yang terjangkau.

Tantangan operator satelit

Apabila penyedia layanan operator satelit memang ingin merambah pasar yang lebih beragam, mereka harus mampu memenuhi permintaan calon pelanggan.

Permintaan tersebut tak lain adalah tentang keterjangkauan. Calon pelanggan umumnya membutuhkan telepon satelit sebagai sebuah cadangan sebagai persiapan menghadapi kondisi darurat.

Paling tidak, untuk mendapatkan pelanggan baru, telepon satelit harus mudah disimpan, memiliki bentuk yang compact, mampu melakukan beberapa tugas, dan tentunya memiliki harga terjangkau.

Pertanyaannya sekarang, apakah semua tantangan tersebut telah mampu dijawab oleh penyedia layanan komunikasi satelit?

Telepon satelit vs telepon konvensional

Untuk menjawab tantangan tersebut, mau tidak mau perdebatan panjang mengenai telepon satelit versus telepon konvensional akan menyeruak kembali. Sebenarnya apa yang menyebabkan dua jenis perangkat ini berbeda?

Dari segi teknologi

Teknologi komunikasi satelit dalam perangkat telepon membutuhkan sebuah proses yang lebih rumit. Meski kini banyak perusahaan komunikasi yang mampu menghasilkan perangkat pintar dengan fitur yang canggih, tidak banyak yang bisa mengembangkan teknologi satelit dalam perangkat telepon.

Dari segi ekonomi

Telepon konvensional, terutama smartphone, saat ini memiliki tingkat permintaan yang tinggi dengan waktu pengembangan yang selalu dituntut lebih cepat.

Hal ini membuat smartphone diproduksi hingga jutaan unit. Di sisi lain, permintaan terhadap telepon satelit tidak pernah setinggi itu. Dampaknya, harga unit jadi lebih tinggi.

Upaya menjawab tantangan

Meski saat ini kelihatannya telepon satelit tidak akan pernah menandingi telepon konvensional, bukan berarti upaya tersebut tidak pernah dilakukan.

Faktanya, beragam inovasi terus dilakukan supaya telepon satelit bisa mengatasi tantangan dari segi keterjangkauan sekaligus secara ekonomis.

Untuk menjawab dua tantangan tersebut, saat ini beberapa operator satelit telah menargetkan perangkat yang dibanderol dengan harga antara US$ 400 hingga US$ 500.

Memang masih belum setara dengan perangkat seluler standar, tetapi selisih yang besar itu telah berhasil dikikis.
Satu operator layanan satelit seluler, Thuraya, telah berhasil mencapai target ini.

Meski untuk ukuran telepon satelit sangat terjangkau, perangkat dari Thuraya telah mampu melakukan fungsi komunikasi satelit yang dapat diandalkan dalam kondisi darurat.

Hingga saat ini telepon satelit masih dianggap sebagai sebuah perangkat yang bisa dimiliki oleh kalangan terbatas saja.

Adanya kesulitan dari segi keterjangkauan dan ekonomi membuat perangkat ini sulit dimiliki berbagai kalangan.

Beruntung saat ini kebanyakan operator satelit terus melakukan terobosan supaya tantangan tersebut bisa teratasi. Semoga ke depannya telepon satelit bisa diakses kalangan yang lebih luas.

Sumber : The Affordable Satellite Phone: No Longer a Contradiction of Terms

______________

PT. Mega Sarana Satelit (MSS) adalah official partner Thuraya di Indonesia.  MSS berdedikasi dalam menyediakan solusi komunikasi terutama di lokasi yang terpencil atau sulit dijangkau seperti di daerah lepas pantai (offshore), pegunungan, hutan, bahkan udara (untuk penerbangan).  Bentuk solusi kami adalah penjualan teknologi komunikasi satelit antara lain modem internet satelit, hp satelit dan telepon satelit.  Hubungi kami jika ada pertanyaan seputar komunikasi melalui jaringan satelit.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *