Teknologi M2M untuk Meningkatkan Daya Saing Perusahaan

teknologi M2M

Teknologi M2M untuk Meningkatkan Daya Saing Perusahaan

M2M (Machine-to-Machine) merupakan teknologi terbaru yang menggunakan teknologi komunikasi nirkabel berbasis cloud.

Teknologi ini memungkinkan Anda untuk menghubungkan mesin yang satu ke mesin lainnya memanfaatkan perangkat komunikasi secara real time.

M2M sendiri mulai diperkenalkan di Indonesia khususnya bagi perusahaan-perusahaan yang meginginkan efisiensi dalam controlling barang dagangan di perusahaannya.

Dalam prosesnya, M2M juga dapat meningkatkan daya saing perusahaan. Bagaimana caranya? Berikut informasi lengkapnya!

Kondisi ekonomi dan pasar dunia

Ekonomi Asia Pasifik terus menunjukkan ketahanan dan mengungguli bagian dunia lain. Kondisi ini mengarah pada peningkatan belanja konsumen di wilayah tersebut.

Menurut Canadean’s The Future of Global Retailing to 2016, kini pasar ritel Asia Pasifik merupakan pasar terbesar di dunia. Bahkan pasar ritel Asia Pasifik menjadi setengah dari penjualan ritel global pada tahun 2016.

Consumer electronics adalah salah satu kategori produk unggulan yang berkontribusi terhadap pertumbuhan secara keseluruhan.

Pertumbuhan tersebut melukiskan prospek menjanjikan yang didorong oleh popularitas perangkat seluler dan gadget di kalangan generasi milenial.

Menurut Gartner, Asia Pasifik adalah satu-satunya wilayah di dunia yang menunjukkan pertumbuhan dalam penjualan ponsel, mencatat kenaikan 6,4 persen dari tahun ke tahun.

Seperti yang diharapkan, potensi komersial juga menarik lebih banyak persaingan di seluruh value chain (rantai nilai) dalam industri consumer electronics (elektronik konsumen), terutama ketika menyangkut pengecer.

Peran M2M dalam meningkatkan visibilitas rantai suplai

Di industri elektronik, menjual item yang tengah populer satu hari setelah penjualan dari pengecer lain dapat berdampak signifikan terhadap penjualan produk Anda.

Beberapa produk hanya populer pada periode tertentu, penting bagi pengecer untuk dapat mengadakan produk tersebut dan menghitung angka persediaan yang optimal agar sedikit kerugian karena banyak barang yang tak laku.

Jadi, baik bagi pengecer, produsen, dan distributor, pengelolaan inventaris untuk mendapatkan produk populer tersebut secara tepat waktu adalah hal yang penting.

Untuk mencapai tujuan ini, Anda membutuhkan rantai pasokan yang dapat diandalkan serta mampu memberikan pengiriman tepat waktu dan pemantauan stok real-time.

Di sinilah peran penting teknologi M2M. Dengan menggunakan embedded SIM card yang mentransmisikan data secara nirkabel melalui jaringan seluler yang aman, M2M mampu melacak kendaraan dan aset untuk efisiensi dan keamanan yang lebih baik.

Dengan memungkinkan semua kendaraan pengiriman, untuk terhubung secara otomatis ke sistem manajemen pusat perusahaan di mana pun mereka berada, M2M memiliki dampak besar pada rantai pasokan.

M2M memungkinkan perusahaan Anda untuk memiliki visibilitas lengkap atas harga barang dan kuantitasnya dari produsen ke shop floor kapan saja.

Tantangan lain yang harus dihadapi dan ditangani oleh pengecer dalam sektor elektronik konsumen berteknologi tinggi adalah ancaman kebocoran informasi produk rahasia yang terus berlangsung.

High value, gadget populer sangat rentan terhadap pencurian selama transit. Namun, dengan merangkul konektivitas M2M, perusahaan dapat mengurangi risiko ini.

Manfaat M2M

M2M memungkinkan pelacakan lokasi, status kendaraan, pengiriman secara global, dan mengirimkan lansiran secara otomatis jika hilang, dicuri, atau dirusak.

Penggunaan M2M juga bisa menjadi solusi untuk membantu mendeteksi dan mencegah pencurian kendaraan atau trailer.

Apalagi terjadi pencurian, pihak berwenang di sekitar lokasi dapat diperingatkan, menyediakan lokasi yang tepat dari kendaraan atau trailer yang dicuri segera setelah terjadi pencurian.

Banyak CEO perusahaan yang saat ini telah menyadari manfaat potensial dari penerapan M2M. Di antaranya untuk meningkatkan efektivitas rantai pasokan dan mendapatkan produk ke toko lebih cepat.

M2M juga dapat mengoptimalkan operasi toko dan gudang, bahkan untuk berinteraksi langsung dengan konsumen melalui layanan di dalam toko yang terhubung seperti signage digital dan titik penjualan nirkabel.

Dengan berbagai manfaat yang ditawarkan oleh teknologi M2M, tidak mengherankan jika Anda dapat meningkatkan daya saing perusahaan.

Apalagi para konsumen saat ini menginginkan proses pengiriman barang secara mudah, cepat, dan aman.

Referensi : Supply chain visibility for retailers via M2M technology

______________

PT. Mega Sarana Satelit (MSS) adalah official partner Thuraya di Indonesia.  MSS berdedikasi dalam menyediakan solusi komunikasi terutama di lokasi yang terpencil atau sulit dijangkau seperti di daerah lepas pantai (offshore), pegunungan, hutan, bahkan udara (untuk penerbangan).  Bentuk solusi kami adalah penjualan teknologi komunikasi satelit antara lain modem internet satelit, hp satelit dan telepon satelit.  Hubungi kami jika ada pertanyaan seputar komunikasi melalui jaringan satelit.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *