Pentingnya Satelit untuk Supply Chain Visibility yang Lebih Akurat

supply chain visibility satellite

Pentingnya Satelit untuk Supply Chain Visibility yang Lebih Akurat

Supply Chain Visibility (SCV) atau visibilitas rantai persediaan adalah kemampuan melacak barang dagangan/bahan baku dalam perjalanan dari perusahaan manufaktur hingga tempat tujuan.

Tujuan dari SCV adalah untuk mengembangkan dan memperkuat rantai persediaan, dengan cara menyediakan data barang ke semua pihak terkait.

Manfaat dari SCV adalah untuk mencegah salah order atau konsumen membeli dari penjual lain.

Hal ini dilakukan dengan cara melacak persediaan yang sedang dibawa oleh truk/pesawat atau alat transportasi lainnya. Pelacakan tersebut dapat dilakukan melalui jangkauan seluler.

Namun, terkadang jaringan seluler tidak mampu mencapai daerah-daerah terpencil sehingga untuk memaksimalkan aktivitas transportasi logistik tersebut, Anda perlu mulai memanfaatkan satelit yang dapat membuat SCV menjadi lebih akurat. Bagaimana caranya? Berikut informasi lengkapnya!

Satelit untuk SCV

Hadirnya teknologi satelit membuat pandangan dan harapan mengenai hal-hal yang penting dan mungkin terjadi mengalami perubahan.

Dengan kemajuan terbaru dalam satelit, mulai dari kecepatan hingga keamanan, membuatnya menjadi teknologi yang meskipun terbilang mahal namun patut diadopsi.

Muncul beberapa pendapat bahwa satelit dapat menjadikan proses SCV lebih akurat dan menghemat biaya operasional.

Pendapat tersebut telah dibuktikan oleh National Distributing Co. yang mulai bekerja menggunakan teknologi satelit.

Memanfaatkan data lokasi yang dihasilkan oleh satelit, perusahaan tersebut mampu menurunkan jumlah pengemudi yang berhenti setiap jam hingga 30 persen dan menghemat biaya hingga 100.000 USD. Teknologi satelit dapat membuat aktivitas transportasi logistik berjalan lebih efektif dan efisien.

Manfaat satelit

Dalam perkembangannya, satelit terus mengalami inovasi. Salah satu peralatan terbaru yang dihadirkan oleh teknologi satelit adalah sistem trunking broadband eLTE.

Baru-baru ini, sistem tersebut digunakan oleh Alstom untuk mengurangi biaya operasional dan pemeliharaan.

Peralatan baru ini memungkinkan Alstom untuk melakukan akses yang lebih efisien terhadap perangkat satelit dan seluler secara bersamaan.

Melalui pendekatan ini, satelit dapat memberikan berbagai manfaat, termasuk kemampuan menyediakan cakupan di daerah terpencil di mana truk dan kapal laut sering bepergian.

Satelit juga dapat menyederhanakan penggunaan roaming seluler yang struktur dan biayanya cenderung kompleks. Dengan satelit, konektivitas jika terjadi bencana alam dan menara seluler lumpuh dapat dijaga

Jangkauan satelit

Teknologi satelit memiliki jangkauan yang sangat luas sehingga membuat proses SCV menjadi lebih akurat.

Sebagai contoh, dengan menggunakan satelit orbit rendah, jaringan O3b-nya membuat konektivitas menjadi kenyataan untuk daerah terpencil.

Mulai dari Kepulauan Cook hingga ke daerah miskin di Afrika dapat dijangkau oleh satelit. Sementara untuk kawasan Asia, Asia Tenggara menjadi bagian dunia yang paling ter-cover untuk penentuan posisi global satelit.

Jangkauan satelit ini membuatnya dapat digunakan untuk aplikasi maritim, pesawat, hingga pertanian. Bagi orang-orang yang bergerak dalam industri shipping container, sistem dual-mode berarti sistem komunikasi dapat tetap aktif ketika jangkauan seluler menurun karena jaringan seluler diganti dengan jaringan satelit.

Hasilnya, identifikasi kontainer, pemantauan kargo, dan skema peringatan keamanan dapat dijalankan sesuai peraturan sehingga membuat barang kiriman aman.

Satelit sebagai solusi

Satelit dapat Anda gunakan sebagai solusi. Salah satunya mengenai rentetan kasus menyebarnya wabah E.coli baru-baru ini.

Masalah keamanan pangan telah menjadi berita internasional, khususnya dalam proses pengiriman.

Oleh karena itu, operator harus mengembangkan dan menerapkan prosedur yang menggambarkan penanganan terhadap masalah keamanan pangan tersebut, misalnya kontrol suhu untuk menjaga kondisi pangan tetap terjaga.

Informasi-informasi mengenai penanganan pangan ini tentunya harus diberikan kepada pengirim dan penerima.

Tujuannya agar kedua belah pihak mengetahui kondisi pangan dan merasa aman terhadap pengiriman yang dilakukan.

Untuk itulah Anda membutuhkan penerapan teknologi satelit karena sistem yang berkelanjutan dapat memenuhi kebutuhan regulasi tersebut.

Pertimbangan menggunakan teknologi satelit

Seperti halnya pemanfaatan teknologi lainnya, penggunaan satelit sebagai solusi tentu memiliki kekurangannya tersendiri.

Salah satu hal yang perlu Anda pertimbangkan dalam penggunaan sistem dual-mode satelit adalah biayanya yang cukup besar.

Penggunaan teknologi satelit bisa lebih mahal, mulai dari lima hingga sepuluh kali lipat lebih mahal dibanding biaya teknologi seluler biasa. Jumlah paket data yang ditawarkan juga jauh lebih kecil.

Komunikasi menggunakan satelit juga memerlukan garis panjang yang jelas agar dapat digunakan secara efektif.

Perangkat dual-mode juga membutuhkan lebih banyak waktu untuk dikembangkan sehingga produknya membutuhkan beberapa waktu sebelum turun ke pasaran.

Teknologi satelit memang terbilang cukup mahal bagi distributor kecil. Namun, mengingat tuntutan pelanggan yang ingin proses SCV lebih akurat dan cepat, satelit sangat patut dipertimbangkan secara matang.

Itulah informasi mengenai pentingnya satelit untuk SCV yang lebih akurat. Meskipun memerlukan biaya yang cukup besar, teknologi satelit dapat Anda andalkan dan patut untuk dipertimbangkan.

Referensi : Using Satellite technology for greater supply chain Visibility

______________

PT. Mega Sarana Satelit (MSS) adalah partner resmi Thuraya di Indonesia.  MSS berdedikasi dalam menyediakan solusi komunikasi terutama di lokasi yang terpencil atau sulit dijangkau seperti di daerah lepas pantai (offshore), pegunungan, hutan, bahkan udara (untuk penerbangan).  Bentuk solusi kami adalah penjualan teknologi komunikasi satelit antara lain modem internet satelit, hp satelit dan telepon satelit.  Hubungi kami jika ada pertanyaan seputar komunikasi melalui jaringan satelit.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *