Satelit: Solusi untuk Meningkatkan Kinerja Proses Logistik

Solusi Logistik

Satelit: Solusi untuk Meningkatkan Kinerja Proses Logistik

Perkembangan teknologi saat ini memberikan dampak di hampir semua sektor.  Setelah ranah e-commerce dan fintech mulai melesat, diperkirakan logistik pun akan mengalami hal yang sama. Untuk menunjang kinerja, perusahaan logistik juga menggunakan teknologi terkini.

Ada banyak pilihan alternatif tersebut. Di antaranya menggunakan jaringan satelit dalam melacak barang yang akan dikirim.

Selain itu, dapat menekan pengeluaran karena Anda bisa mengecek kondisi barang langsung dari kantor. Teknologi jaringan satelit yang bisa Anda gunakan adalah Global Positioning System (GPS).

Apa saja manfaat penggunaannya untuk bisnis dan proses kinerja logistik Anda? Berikut ulasannya!
Penggunaan satelit GPS sebagai solusi pengiriman logistik.

Keberadaan satelit GPS dapat membantu meningkatkan keamanan secara optimal dan mengurangi risiko, terutama saat proses pengiriman logistik dalam jumlah besar. Anda dapat melacaknya secara real-time di mana pun dan kapanpun.

Pasalnya, sinyal yang GPS pancarkan terjadimelalui satelit seperti jaringan satelit Iridium atau satelit Inmarsat, bukan melalui pemancar terrestrial konvensional. Ada beberapa keunggulan dari penggunaan GPS bagi perusahaan logistik, di antaranya:

Mempermudah pengiriman pesan walau berada di tempat yang sulit dijangkau

Dalam melakukan proses pengiriman logistik, pasti dibutuhkan dokumen tertentu. Dokumen tersebut dapat berupa hard file maupun soft file.

Jika menggunakan soft file, Anda harus mengirimnya via email. Mengirim pesan teks berupa dokumen dan sebagainya melalui email serta pesan singkat membutuhkan koneksi sinyal yang baik.

Namun, ketika di tempat tertentu yang tidak terjangkau oleh sinyal terestrial, maka akan sulit dilakukan. Dengan menggunakan sinyal satelit, Anda tidak perlu khawatir lagi pesan tidak terkirim, termasuk di saat-saat penting sekali pun.

Keamanan dan kenyamanan lebih terjamin

Keamanan dan kenyamanan adalah faktor penting dalam proses pengiriman. Untuk itu, Anda perlu mengecek sistem komunikasi dan kelengkapan lainnya seperti armada pengiriman logistik.

Tentu Anda tidak bisa mengontrol semuanya dalam waktu yang bersamaan, bukan? Apakah pengiriman menemui kendala di perjalanan dan driver sulit dihubungi? Di sinilah pentingnya menggunakan GPS.

Anda akan mengetahui di mana posisi barang, armada, dan para pekerja secara real-time di kantor pusat.

Selain itu, dengan memasang GPS, Anda juga akan mengetahui temperatur benda tertentu yang akan dikirim.

Data yang tersimpan pun akan lebih aman dan mudah untuk diketahui di mana pun dan kapan pun jika Anda memasang GPS.

Sistem yang Terintegrasi Secara Baik

Banyaknya barang dan segala keperluan logistik yang harus diperhatikan tentu membuat Anda sedikit kebingungan.

Apalagi jika pengecekan dilakukan secara manual. Anda juga tidak mungkin terus-terusan mengandalkan staff selama di perjalanan.

Untuk mendapatkan informasi secara berkesinambungan, Anda dapat menggunakan GPS dan mengintegrasikannya dengan software milik perusahaan.

Penggunaan GPS yang terintegrasi dengan software tersebut dapat meminimalisir risiko kerusakan barang hingga sampai ke tempat pengiriman.

Kenyamanan dalam berkomunikasi

Pengiriman melalui jalur darat dan laut mengharuskan Anda untuk memiliki dua jalur komunikasi, yakni jalur telekomunikasi untuk jaringan radio navigasi dan komunikasi teresterial pada umumnya.

Namun, komunikasi teresterial tidaklah sekuat sinyal radio satelit. Dalam hal ini, telepon berjaringan satelit lebih bisa diandalkan.

Itu dia beberapa keunggulan menggunakan teknologi jaringan satelit dalam meningkatkan kinerja logistik. Oleh karena itu, Anda jangan ragu menggunakan jaringan satelit.

Untuk kebutuhan telekomunikasi berbasis jaringan satelit di Indonesia, Anda bisa menjadikan PT. Mega Sarana Satelit (MSS) sebagai mitra dalam bisnis logistik Anda.

Sumber : Logistics: Satellite Communications on the Move
______________

PT. Mega Sarana Satelit (MSS) adalah official partner Thuraya di Indonesia.  MSS berdedikasi dalam menyediakan solusi komunikasi terutama di lokasi yang terpencil atau sulit dijangkau seperti di daerah lepas pantai (offshore), pegunungan, hutan, bahkan udara (untuk penerbangan).  Bentuk solusi kami adalah penjualan teknologi komunikasi satelit antara lain modem internet satelit, hp satelit dan telepon satelit.  Hubungi kami jika ada pertanyaan seputar komunikasi melalui jaringan satelit.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *