5 Kiat untuk Mendapatkan Provider Internet Satelit Terbaik

provider internet

5 Kiat untuk Mendapatkan Provider Internet Satelit Terbaik

Penggunaan internet satelit kini semakin diminati banyak kalangan, terutama mereka yang bergerak di bidang ekspedisi dan yang mobilitas tinggi.

Internet satelit dapat diandalkan dalam segala medan dan kondisi cuaca karena jangkauannya yang begitu luas.

Bagi Anda yang ingin memasang internet satelit, sebaiknya simak dulu lima kiat untuk mendapatkan provider internet satelit terbaik berikut ini.

Perhatikan jangkauan area

Tidak semua provider internet memiliki jangkauan yang men-cover seluruh area, termasuk pula daerah Anda.

Ini tergantung dari fitur yang ditawarkan penyedia jasa layanan internet satelit. Di Indonesia, penyedia layanan internet satelit di antaranya adalah Telkom yang meluncurkan layanan internet berbasis VSAT bernama Mango Star.

Jangkauan area juga dipengaruhi oleh bagaimana Anda mengarahkan antena pemancar. Di Indonesia, untuk menjangkau area yang lebih luas Anda perlu mengarahkan antena atau parabola ke arah garis khatulistiwa. Pastikan pula antena tidak terhalang oleh bangunan, pohon, atau hal lainnya.

Alat-Alat yang Anda butuhkan

Berbeda dengan jaringan internet umumnya yang kita gunakan di telepon pintar atau melalui kabel router, internet satelit menggunakan antena pemancar berupa parabola.

Antena ini berfungsi untuk menangkap dan memancarkan sinyal ke orbit satelit. Selain menggunakan antena parabola, Anda juga bisa memakai wireless router yang memang khusus diperuntukkan bagi internet satelit.

Di antaranya adalah Netgear Nighthawk AC1900 R7000, Asus RT-AC66U, dan Linksys EA6100 AC1200 Wi-Fi Dual-Band. Beberapa provider biasanya memberikan paket lengkap termasuk memberikan alat pemancar ini.

Bagaimana memasangnya?

Penyedia layanan internet satelit biasanya selain memberikan perangkat juga menawarkan layanan pemasangan.

Selain itu, Anda juga perlu mengecek komputer apakah sudah dilengkapi dengan software untuk internet atau belum.

Sedangkan bila menggunakan wireless router, adapun langkahnya sebagai berikut:

Hubungi penyedia (provider) jasa layanan internet satelit yang akan Anda gunakan. Kemudian provider akan memasang sistem satelit yang akan digunakan.

Anda harus memasang parabola dan modem satelit untuk menerima dan mengirimkan sinyal. Lalu, provider akan menghubungkan modem tersebut ke satu atau lebih komputer dan melakukan uji coba jaringan.

Letakkanlah wireless router di sebelah modem satelit. Kemudian tancapkan kabel listrik ke stop kontak.

Ambillah kabel ethernet dan colokkan salah satu ujungnya ke LAN port modem satelit. Lalu, pasang ujung yang lain ke internet Wide Area Network (WAN) port router Anda.

Pasang software ke router atau komputer. Untuk memasangnya, Anda harus melakukannya satu per satu demi mendapatkan jaringan koneksi lancar.

Bila tidak ada software, hubungkanlah salah satu kabel ethernet ke komputer Anda. Sambungkan kabel yang lainnya ke port terbuka pada router nirkabel Anda. Tunggulah beberapa saat, komputer akan mendeteksi dan membuat koneksi baru.

Terakhir, Anda bisa melihat koneksi internet di bagian bawah layar komputer. Hal ini sama seperti melihat kekuatan sinyal koneksi internet pada umumnya.

Jika komputer sudah terhubung ke modem satelit dan dikonfigurasi dengan benar, Anda bisa menghapus kabel ethernet dari komputer.

Kini Anda dapat menikmati layanan internet satelit tersebut sesuai dengan kebutuhan.

Bandingkan harga antar penyedia jasa internet

Harga yang ditawarkan oleh penyedia layanan internet satelit cukup beragam. Untuk di Indonesia, misalnya, layanan Mango Star dari Telkom mematok biaya pemasangan antara Rp750 ribu hingga Rp2.750.000, tergantung wilayah yang dijangkau.

Beda halnya bila Anda menggunakan provider lain seperti Viasat dan dan HughesNet yang merupakan dua provider internet terbesar di dunia.

Harga yang ditawarkan pun mulai dari 50 dolar hingga 200 dolar. Harga tersebut juga bisa berubah tergantung penawaran dan promo yang diberikan.

Kecepatan akses internet yang digunakan

Harga yang ditawarkan pun sangat tergantung pada fasilitas dan kecepatan akses yang digunakan. Contohnya saja kita ambil dari dua provider terbesar internet satelit di dunia, yakni HughesNet dan Exede.

HughesNet menawarkan kecepatan hingga 15 Mbps, sedangkan Exede menawarkan kecepatan hingga 25 Mbps.

Jadi, setelah Anda membaca lima kiat mendapatkan provider internet satelit terbaik di atas, jangan sampai salah pilih lagi. Sesuaikan provider internet sesuai dengan kebutuhan dan kondisi finansial Anda.

______________

PT. Mega Sarana Satelit (MSS) adalah official partner Thuraya di Indonesia. MSS berdedikasi dalam menyediakan solusi komunikasi terutama di lokasi yang terpencil atau sulit dijangkau seperti di daerah lepas pantai (offshore), pegunungan, hutan, bahkan udara (untuk penerbangan). Bentuk solusi kami adalah penjualan teknologi komunikasi satelit antara lain modem internet satelit, hp satelit dan telepon satelit. Hubungi kami jika ada pertanyaan seputar komunikasi melalui jaringan satelit.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *