8 Perbedaan Telepon Satelit dan Telepon Biasa

Perbedaan Telepon Satelit dan Telepon Biasa

8 Perbedaan Telepon Satelit dan Telepon Biasa

Akses jangkauan dan cakupan yang lebih luas dibandingkan dengan telepon biasa membuat telepon satelit bisa diandalkan untuk menjawab kebutuhan komunikasi di daerah-daerah yang sulit dijangkau oleh telepon biasa. Memangnya apa saja perbedaan telepon satelit dan telepon biasa? Simak ulasannya di bawah ini!

Lokasi BTS

Perbedaan antara telepon satelit dan telepon biasa adalah penempatan base transceiver station (BTS).

BTS telepon satelit berada di udara, sedangkan telepon berbasis GSM menempatkan BTS-nya di darat. Hal ini membuat layanan telekomunikasi dari telepon satelit memiliki jangkauan lebih luas dibandingkan dengan telepon berbasis GSM.

Pantulan sinyal

Secara umum, cara kerja telepon satelit sebetulnya mirip dengan telepon seluler. Bedanya adalah telepon seluler menyalurkan sinyal panggilan menuju menara pemancar ke telepon tujuan.

Sedangkan, telepon satelit menyalurkan sinyal panggilan ke satelit di luar angkasa. Satelit yang menerima sinyal kemudian mengirimkan panggilan ke mesin penerima melalui sebuah gateway untuk meneruskan panggilan.

Gateway akan mengirimkan sinyal tersebut ke satelit terdekat, lalu panggilan dilanjutkan hingga mencapai salah satu gateway yang dapat melacak penerima.

Lokasi panggilan

Telepon satelit dan telepon biasa masing-masing punya kekurangan dan kelebihan. Telepon biasa dapat digunakan di mana saja, baik dalam ruangan mapun luar ruangan.

Anda juga bisa menggunakan telepon biasa dalam cuaca apapun meskipun di langit terdapat penghalang.

Sedangkan, bila melakukan panggilan dengan telepon satelit, pengguna harus berada di lokasi yang dapat berkoneksi dengan langit secara langsung tanpa adanya penghalang.

Telepon satelit tidak bisa digunakan di dalam ruangan karena jangkauan telepon satelit tidak bisa menembus ruangan. Penggunaan telepon satelit juga tergantung pada kondisi cuaca yang baik untuk bisa terhubung.

Proses melakukan panggilan

Cara melakukan panggilan untuk telepon biasa cukup simpel dan mudah dilakukan. Cukup dengan menekan nomor telepon yang dituju, maka pengguna akan langsung tersambung.

Sedangkan, proses melakukan panggilan untuk telepon satelit lebih kompleks dan rumit. Setelah memasukkan nomor telepon yang dituju dan menekan tanda kirim, telepon satelit akan melakukan proses menemukan satelit yang paling dekat dengan telepon asal, lalu mengirim informasi tersebut.

Waktu yang dibutuhkan

Dalam telepon satelit, jangka waktu yang dibutuhkan tergantung dari seberapa jauh lokasi antara penelepon dan penerima.

Format panggilan telah diubah sehingga dapat diterima oleh telepon seluler atau telepon standar. Panggilan dari penelepon ke penerima dapat tersambung bila telah dilakukan perubahan format dan koneksi sudah terbangun.

Sedangkan untuk telepon biasa, waktu yang dibutuhkan lebih singkat karena tidak ada perubahan format.

Tujuan

Karena BTS-nya berada di udara telepon satelit diciptakan untuk tujuan yang spesifik, yaitu menjembatani komunikasi untuk industri yang letaknya di area sulit terjangkau ataupun daerah terpencil.

Misalnya untuk komunikasi para pekerja proyek di area hutan atau menghubungkan kantor pusat dengan unit pengeboran minyak yang terletak di tengah laut.

Sedangkan, telepon biasa yang berbasis GSM menempatkan BTS-nya di darat, tujuannya untuk memenuhi kebutuhan komunikasi masyarakat sehari-hari.

Jangkauan

Telepon satelit dapat menjangkau area yang tak bisa diakses oleh telepon biasa. Jangkauan telepon satelit sangat luas, bahkan bisa digunakan di daerah terpencil yang tidak terhubung jaringan telepon GSM.

Telepon satelit dapat membuat sambungan telepon meski jaringan telepon GSM terputus. Sedangkan, telepon biasa hanya dapat digunakan untuk melakukan panggilan bila jaringan telepon GSM tersedia.

Biaya

Biaya yang digunakan untuk melakukan panggilan pada telepon satelit cukup mahal bila dibandingkan dengan telepon GSM biasa.

Telepon antar operator satelit tarifnya dapat mencapai 15 USD per menitnya. Sedangkan, biaya yang dikeluarkan untuk melakukan telepon biasa jauh lebih murah.

Telepon satelit punya jangkauan yang sangat luas sehingga bermanfaat untuk berkomunikasi di daerah-daerah yang tidak dapat dijangkau oleh telepon biasa.

Sementara itu telepon biasa biayanya lebih murah dan berfungsi untuk komunikasi sehari-hari.

Bila Anda ingin mendapatkan telepon satelit yang memiliki kualitas terbaik dan kemampuan inovatif, produk dari Thuraya bisa Anda jadikan pilihan.

Telepon/hp satelit dari Thuraya dilengkapi berbagai fitur penunjang yang dapat memudahkan Anda berkomunikasi meskipun di daerah terpecil sekali pun.

Referensi : The Difference between Cellular Phones and Satellite Phones

______________

PT. Mega Sarana Satelit (MSS) adalah official partner Thuraya di Indonesia.  MSS berdedikasi dalam menyediakan solusi komunikasi terutama di lokasi yang terpencil atau sulit dijangkau seperti di daerah lepas pantai (offshore), pegunungan, hutan, bahkan udara (untuk penerbangan).  Bentuk solusi kami adalah penjualan teknologi komunikasi satelit antara lain modem internet satelit, hp satelit dan telepon satelit.  Hubungi kami jika ada pertanyaan seputar komunikasi melalui jaringan satelit.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *