Peralatan yang Harus Dibawa Saat Mendaki Gunung Everest

mendaki gunung everest

Peralatan yang Harus Dibawa Saat Mendaki Gunung Everest

Mendaki Gunung Everest tentu saja tidak sama dengan mendaki gunung-gunung lain. Pasalnya, gunung yang satu ini merupakan gunung tertinggi di bumi.

Selain itu, Gunung Everest juga memiliki medan yang sulit karena berlapis salju abadi. Oleh karena itu, mendaki gunung ini tidak hanya butuh fisik yang prima, tapi juga peralatan pendakian yang khusus. Apa saja?

Kapak es

Untuk mendaki sebuah gunung yang berselimut es, Anda akan sangat membutuhkan peralatan yang satu ini. Kapak es berfungsi sebagai pengganti tangan Anda untuk mencengkram permukaan es.
Tangan Anda bisa beku jika terlalu lama bersentuhan dengan es di Everest. Jika dibiarkan, sistem syaraf pada tangan Anda bahkan akan mati dan bisa berujung pada tindakan amputasi.

Tongkat trekking

Seperti saat melakukan ski es, mendaki Gunung Everest juga membutuhkan tongkat. Peralatan ini berfungsi untuk membantu kaki bertumpu pada permukaan es.

Tongkat trekking akan membantu tubuh Anda untuk membagi bobot tubuh supaya tidak hanya bertumpu pada kaki saja.

Beban yang harus dibawa mendaki tentu berat, kaki Anda tidak akan mampu menampung beban tersebut terus menerus.

Boots untuk tekanan tinggi

Biasanya, untuk mendaki gunung, para pendaki akan membutuhkan sepasang sepatu khusus. Sepatu ini berbeda dengan sepatu lain jika Anda memperhatikan daya cengkramnya. Alas kaki untuk mendaki gunung es seperti Everest tentu berbeda lagi.

Untuk melindungi kaki dari tekanan tinggi di gunung es, dibutuhkan boots yang mampu mempertahankan kehangatan kaki dalam jangka waktu lama.

Supaya lebih hangat, jangan lupa juga untuk menggunakan kaos kaki. Pertama, gunakan kaos kaki berbahan sintetis, lalu lapisi dengan kaos kaki berbahan wool.

Crampons

Tidak hanya boots sebagai alas kaki, Anda juga butuh peralatan tambahan supaya bisa berdiri dengan baik di permukaan es.

Supaya tidak tergelincir, Anda harus melengkapi boots atau alas kaki dengan crampons. Peralatan ini punya gerigi tajam yang mampu mencengkram permukaan es dengan baik.

Pastikan Anda memilih crampons berbahan baja yang mampu menahan beban tubuh dengan lebih baik. Bahan baja ini lebih kokoh dibandingkan aluminium.

Carabiner System

Peralatan ini wajib hukumnya dalam setiap pendakian. Carabiner berfungsi sebagai langkah keamanan pertama. Alat ini juga digunakan dalam aktivitas ekstrem lainnya seperti bungee jumping atau flying fox.

Carabiner memang terlihat kecil dan simpel, tapi fungsinya sangat penting karena dapat mengamankan tubuh saat terjatuh atau tergelincir.

Untuk mendaki Everest, Anda butuh carabiner system yang khusus. Setidaknya Anda harus membawa oval wiregate carabiner besar, oval wiregate carabiner kecil, screwgate carabiner besar, dan locking carabiner besar yang bisa bekerja secara otomatis.

Tanyakan pada pemandu Anda, carabiner system seperti apakah yang dibutuhkan untuk pendakian ke Everest.

Peralatan komunikasi

Anda tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi selama pendakian. Semua pendaki tentunya
ingin selalu berada dalam keadaan aman, tetapi hal tersebut benar-benar susah diprediksi.

Kondisi alam Gunung Everest sangat tak terduga, di pagi hari bisa terasa tenang namun siang
hari bisa jadi badai muncul.

Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan ini, Anda harus membekali ekspedisi dengan peralatan komunikasi. Namun, peralatan komunikasi di Everest jelas berbeda dengan di daratan.

Sinyal biasa tidak akan mampu mencapai gunung tertinggi di dunia ini. Anda butuh peralatan komunikasi dengan sinyal yang berasal dari satelit.

Anda bisa menggunakan telepon satelit dari Thuraya. Telepon satelit dari Thuraya mampu menerima dan mengirim berita dengan menggunakan sinyal satelit sehingga jangkauannya lebih luas, bahkan di daerah pegunungan seekstrem Everest sekali pun.

Jadi, jangan lupa untuk membawa telepon satelit ini dalam ekspedisi Anda ke Gunung Everest.

Lihat-lihat hp atau telepon satelit yang cocok untuk perjalanan ke gunung di website kami.

Sumber : One Step at a Time: The Mountaineering (and Other) Equipment You Need to Climb Everest

______________

PT. Mega Sarana Satelit (MSS) adalah official partner Thuraya di Indonesia. MSS berdedikasi dalam menyediakan solusi komunikasi terutama di lokasi yang terpencil atau sulit dijangkau seperti di daerah lepas pantai (offshore), pegunungan, hutan, bahkan udara (untuk penerbangan). Bentuk solusi kami adalah penjualan teknologi komunikasi satelit antara lain modem internet satelit, hp satelit dan telepon satelit. Hubungi kami jika ada pertanyaan seputar komunikasi melalui jaringan satelit.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *