4 Kiat Memilih Telepon Satelit yang Sesuai untuk Anda

memilih telepon satelit

4 Kiat Memilih Telepon Satelit yang Sesuai untuk Anda

Telepon satelit memiliki keunggulan tersendiri jika dibandingkan telepon seluler pada umumnya. Sinyal kuat di mana saja dan kapan saja, serta daya tahannya yang kuat menjadi daya tarik tersendiri, terutama bagi perusahaan besar, navigasi, dan militer.

Bagi Anda yang sedang bingung memilih telepon satelit untuk memenuhi kebutuhan, ada baiknya Anda menyimak kiat-kiatnya di bawah ini.

1. Perhatikan area jaringan

Tidak semua telepon satelit memiliki area jaringan yang sama. Hal ini dikarenakan pemancar yang tergantung pada area orbit, seperti letak geografisnya.

Untuk telepon satelit, ada beberapa jaringan yang biasa digunakan. Di antaranya adalah Inmarsat yang menjangkau area hampir seluruh belahan bumi.

Namun, memiliki akses terbatas di daerah kutub seperti utara Kanada, Alaska, Greenland dan sebagian wilayah Rusia.

Sedangkan untuk wilayah hampir seluruh Afrika, Eropa, Timur Tengah, Asia dan Australia dapat dijangkau dengan jaringan satelit Thuraya.

Ada Ligado Networks yang menjangkau wilayah Amerika Utara dan beberapa wilayah di kepulauan Karibia serta Amerika Tengah.

Ada pula sinyal Globalstar yang digunakan di hampir wilayah Kanada, Amerika Serikat, dan Karibia serta beberapa wilayah Alaska.

Globalstar menjangkau hampir 120 negara. Sedangkan, jaringan satelit yang menjangkau daerah cukup luas hampir di belahan dunia sebesar 98% lainnya adalah Irridium.

2. Fitur dalam telepon satelit

Semua telepon satelit dilengkapi fitur untuk mengirim pesan teks dan komunikasi suara. Namun, jumlah karakternya terbatas, yakni hanya 140 karakter saja.

Beberapa telepon satelit tertentu dilengkapi fitur akses untuk mengirim email dengan fungsi yang terbatas. Kecepatan akses internet telepon satelit tidaklah sebesar telepon seluler pada umumnya, yakni dibatasi hanya 2.4-9.6 Kbps.

Itu artinya, Anda hanya bisa mengirim dan menerima email saja. Telepon satelit dengan jaringan Inmarsat BGAN dan Thuraya IP selain memiliki kemampuan komunikasi radio, juga memiliki kemampuan untuk akses internet.

Iridium memiliki fitur canggih, yakni dengan menekan satu tombol saat kondisi darurat maka akan menyimpan titik koordinat di mana Anda berada lewat GPS.

Jadi, apabila dalam kondisi darurat telepon Anda tidak berfungsi atau keadaan mati, masih bisa dilacak. Fitur ini bisa digunakan pada telepon satelit keluaran Iridium terkini.

3. Daya tahan dan efisiensi telepon

Semua telepon satelit didesain tahan terhadap segala kondisi bahkan dalam cuaca ekstrem. Namun, suhu air dan cuaca berbeda di beberapa wilayah di dunia.

Telepon satelit Iridium dinilai sebagai yang paling tangguh karena dilengkapi dengan fitur perlindungan ekstra dari cuaca ekstrem sesuai standar militer. Untuk Anda yang ingin telepon satelit tangguh, Iridium bisa Anda jadikan pilihan.

Dari segi desain, bentuk, dan ukuran, semakin kecil ukuran telepon satelit, maka semakin mudah untuk dibawa ke mana saja.

Bila Anda berada di daerah yang dijangkau oleh satelit Thuraya, telepon satelit Thuraya SatSleeve bisa Anda andalkan. Telepon ini dapat Anda integrasikan dengan smartphone melalui koneksi Wi-Fi.

4. Harga yang ditawarkan

Mungkin sebagian orang menilai telepon satelit memiliki harga yang mahal. Namun, jika dilihat lebih jauh lagi, harga tersebut sebanding dengan kemampuan dan daya tahan dari telepon tersebut.

Telepon satelit dari Globalstar dibanderol dengan harga US$249.00 untuk tipe GSP-1600. Sedangkan tipe GSP-1700 dan SPOT Global Phone dibanderol US$499.00.

Telepon satelit Thuraya dibanderol dengan harga bervariasi. Contohnya untuk tipe Thuraya SatSleeve, mulai dari US$645.00 hingga US$749.00.

Thuraya tipe XT berkisar pada harga US$789, Thuraya SG-2520 sekitar US$1095.99. Sementara untuk telepon satelit Iridium dibanderol mulai harga US$150.00 hingga US$ 1.325.00.

Di sisi lain, Inmarsat memasarkan telepon satelitnya pada kisaran US$795.00.

Di atas sudah dipaparkan mengenai kiat memilih telepon satelit untuk Anda. Ingat, teliti sebelum membeli dan jangan sampai salah pilih.

Source : How to Choose a Satellite Phone

______________

PT. Mega Sarana Satelit (MSS) adalah official partner Thuraya di Indonesia.  MSS berdedikasi dalam menyediakan solusi komunikasi terutama di lokasi yang terpencil atau sulit dijangkau seperti di daerah lepas pantai (offshore), pegunungan, hutan, bahkan udara (untuk penerbangan).  Bentuk solusi kami adalah penjualan teknologi komunikasi satelit antara lain modem internet satelit, hp satelit dan telepon satelit.  Hubungi kami jika ada pertanyaan seputar komunikasi melalui jaringan satelit.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *