6 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Telepon Satelit

Membeli Telepon Satelit

6 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Telepon Satelit

Telepon satelit sangat dibutuhkan untuk akses komunikasi di daerah terpencil atau remote area. Jangkauan telepon satelit yang lebih luas dibandingkan dengan telepon biasa membuat telepon satelit mampu menjawab kebutuhan dan mengatasi berbagai masalah yang tidak bisa dilakukan telepon biasa.

Namun, sebelum memutuskan membeli telepon satelit, ada banyak hal yang harus Anda perhatikan. Apa saja?

Network coverage

Ada banyak faktor yang harus Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk membeli telepon satelit. Salah satunya yang terpenting adalah network coverage.

Pasalnya, tidak semua telepon satelit punya jangkauan area yang sama. Misalnya, operator telepon satelt asal London bernama Inmarsat yang bisa mencakup seluruh dunia kecuali daerah kutub.

Ada pula Terrestar asal Virginia, Amerika yang dapat digunakan di Amerika Utara. Berbeda lagi dengan Thuraya yang memiliki tiga satelit dengan jangkauan wilayah Eropa, Asia, Afrika, Timur Tengah, dan Australia.

Anda bisa mendapatkan produk telepon satelit Thuraya melalui MSS. Pastikan saja Anda memilih telepon satelit dengan network coverage yang sesuai dengan kebutuhan dan lokasi Anda.

Biaya panggilan

Sebelum memilih layanan telekomunikasi berupa telepon tanpa kabel yang memiliki jangkauan lebih luas dari telepon biasa ini, Anda perlu memperhatikan biaya yang akan dibutuhkan untuk operasional.

Telepon satelit saat ini tarifnya relatif lebih terjangkau. Jaringan telepon satelit Iridium dikenakan tarif 1.45 USD per menit dan bisa dibeli dengan paket pre- paid yang dipotong pulsa dengan masa tenggang satu tahun.

Harga telepon satelit

Hal lainnya yang harus Anda pertimbangkan sebelum membeli telepon satelit adalah bujet. Sesuaikan harga telepon satelit dengan anggaran keuangan yang Anda miliki.

Harga telepon satelit saat ini hampir sama dengan harga smartphone kelas menengah, mulai 400-1000 USD.

Misalnya, Inmarsat Isat Phone Pro dibanderol dengan harga 600 USD untuk tiap unit telepon satelitnya.

Sementara telepon satelit yang ukurannya lebih besar seperti Iridium 9555 mematok harga 1000 USD. Sedangkan yang paling besar, yaitu Iridum extreme, harganya mencapai USD 1240.

Fitur yang dimiliki

Fitur yang dimiliki telepon satelit bisa Anda jadikan bahan pertimbangan sebelum membeli. Beberapa telepon satelit saat ini sudah dilengkapi dengan berbagai fitur menarik yang dapat mendukung kebutuhan berkomunikasi lebih lengkap.

Selain dapat melakukan panggilan suara, telepon satelit juga menawarkan berbagai fitur tambahan seperti email, layanan SMS, hingga fax.

Tentu saja semakin canggih fiturnya, semakin dalam Anda harus merogoh kocek untuk membelinya. Biasanya harga yang dibutuhkan sesuai dengan performa yang ditawarkan telepon satelit tersebut.

Daya tahan

Durability atau daya tahan telepon satelit juga perlu Anda pertimbangkan. Sebagian besar telepon satelit sudah dilengkapi dengan fasilitas anti air, dust resistance, dan shock resistant.

Namun, tingkat range temperatur cuaca dan suhu air juga harus diperhatikan karena tiap telepon satelit punya range toleransi yang berbeda.

Iridium merupakan salah satu telepon satelit yang cukup tangguh dan biasa digunakan di bidang militer. Dengan military-grade weather protection, telepon satelit Iridium ini dipastikan akan awet dan tahan lama.

Model telepon satelit

Anda juga bisa mempertimbangkan model telepon satelit seperti apa yang Anda butuhkan sebelum memutuskan untuk membeli.

Apakah Anda mebutuhkan telepon satelit dengan model desk atau mobile seperti layaknya telepon genggam.

Ukuran telepon satelit juga punya banyak variasi. Sebaiknya pilihlah yang portabel agar bisa dibawa ke mana saja sehingga dapat mendukung kegiatan mobilitas Anda.

Sekarang Anda sudah tahu hal-hal apa saja yang harus diperhatikan sebelum membeli telepon satelit.

MSS adalah distributor resmi dari Thuraya Indonesia. Anda dapat menemukan berbagai telepon satelit dengan fitur berbeda sesuai dengan kebutuhan Anda.  Jika Anda bingung, Anda dapat berkonsultasi dengan tim kami.

Selama membeli produk Thuraya dari MSS, Anda tidak akan kecewa karena kualitas terjamin dan Anda tidak perlu meragukan keasilannya.

Telepon satelit dari Thuraya dapat digunakan untuk berpetualang ke daerah terpencil, penanggulangan bencana dan komunikasi dari tengah laut.  Selain telepon satelit, tersedia juga modem untuk mengakses internet.

Sumber Referensi : What to Look for when Choosing a Satellite Phone

______________

PT. Mega Sarana Satelit (MSS) adalah official partner Thuraya di Indonesia.  MSS berdedikasi dalam menyediakan solusi komunikasi terutama di lokasi yang terpencil atau sulit dijangkau seperti di daerah lepas pantai (offshore), pegunungan, hutan, bahkan udara (untuk penerbangan).  Bentuk solusi kami adalah penjualan teknologi komunikasi satelit antara lain modem internet satelit, hp satelit dan telepon satelit.  Hubungi kami jika ada pertanyaan seputar komunikasi melalui jaringan satelit.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *