5 Manfaat Penggunaan Telepon Satelit

5 Manfaat Penggunaan Telepon Satelit

Telepon satelit merupakan sebuah layanan telekomunikasi berupa telepon tanpa kabel. Perbedaan utama telepon satelit dan telepon GSM biasa terletak pada penempatan Base Transceiver Station (BTS).

Jika telepon GSM biasa memantulkan sinyalnya pada menara BTS di bumi, maka telepon satelit menempatkan BTS-nya di luar angkasa.

Alhasil, jangkauan telepon satelit lebih luas dibanding telepon GSM yang menempatkan BTS-nya di darat.  Selain jangkauan yang lebih luas, kira-kira apa saja manfaat penggunaan telepon satelit? Berikut informasinya!

Dapat diandalkan ketika telepon GSM tidak bisa digunakan

Telepon GSM memang paling umum digunakan hingga saat ini karena penggunaannya yang mudah dan bisa diandalkan.

Namun, ada saat-saat di mana Anda mungkin tidak bisa mengandalkan telepon GSM untuk terhubung melalui telepon.

Misalnya ketika Anda berada di wilayah yang tidak terjangkau jaringan GSM. Hal ini mungkin sering dialami oleh Anda yang suka traveling ke tempat-tempat susah sinyal seperti gunung atau hutan.

Penyebaran jaringan di Indonesia pun belum merata hingga ke desa sehingga kesulitan mendapatkan sinyal masih sangat mungkin Anda alami.

Oleh karena itulah Anda bisa memanfaatkan telepon satelit yang dapat digunakan di mana pun dan kapan pun.

Telepon satelit juga tidak mudah terputus oleh kendala cuaca atau bencana alam. Anda tetap dapat melakukan panggilan menggunaan telepon satelit di daerah-daerah ekstrem yang tidak menjangkau sinyal GSM.

Mudah digunakan

Kemudahan tentu menjadi salah satu faktor paling penting ketika ingin menggunakan sebuah produk. Itulah yang ditawarkan oleh telepon satelit.

Tidak hanya untuk telepon, hp satelit seperti Thuraya XT-Pro menyediakan jaringan internet satelit yang dapat Anda gunakan dengan mudah di laptop Anda.

Jangkauan tak terbatas

Pernahkan Anda ingin selalu terhubung dengan internet di mana pun Anda berada? Jika iya, maka penggunaan telepon atau internet satelit adalah jawabannya.

Anda tidak perlu khawatir karena telepon satelit memiliki akses terhadap jaringan yang tidak terbatas. Anda dapat dengan nyaman melakukan panggilan di mana pun Anda berada.

Telepon satelit juga dilengkapi dengan berbagai fitur data yang memungkinkan Anda memenuhi semua kebutuhan yang Anda punya.

Jika Anda menggunakan internet satelit, akses terhadap internet juga bisa Anda lakukan kapan dan di mana saja.

Dengan satelit di orbit geostasioner, sinyalnya dapat menjangkau hampir seluruh lokasi di belahan dunia mana pun.

Lengkung bumi, lautan, rintangan alam hingga halangan-halangan buatan manusia lainnya dapat membuat jalur komunikasi jarak jauh terhambat.  Kecuali Anda dapat mengatasinya, salah satunya dengan menggunakan internet satelit.

Kecepatan

Telepon satelit memiliki kecepatan jaringan yang tidak perlu diragukan sehingga penggunaannya pasti akan menguntungkan Anda.

Untuk penggunaan internet satelit, misalnya, dulu memang menjadi satu-satunya alternatif untuk melakukan panggilan telepon bagi penduduk pedesaan.

Namun, seiring perkembangan zaman, kecepatan internet satelit telah berkembang jauh lebih pesat. Kini, kecepatan unduh menggunakan internet satelit mencapai sembilan kali lebih cepat dibanding koneksi dial-up.

Layanan yang dibutuhkan

Telepon satelit dilengkapi pula dengan berbagai layanan yang pastinya Anda butuhkan.

Mulai layanan pesan teks hingga kekebalan terhadap berbagai masalah yang cukup menyulitkan bagi pengguna telepon GSM.

Masalah-masalah seperti cuaca buruk, vandalisme, hingga bencana alam bukanlah masalah yang dapat menganggu kualitas jaringan telepon satelit karena produk ini kebal terhadap permasalahan-permasalahan tersebut.

Tidak hanya itu, telepon satelit juga menyediakan layanan darurat. Layanan ini membuat kondisi sel jaringan telepon sering menjadi keberatan apabila terjadi bencana dan berhenti bekerja tidak berlaku bagi telepon satelit.

Produk ini juga memiliki ketahanan yang bisa diandalkan. Jika ponsel sering kali lemah dan tidak cocok dibawa untuk aktivitas outdoor atau tugas berat di lapangan, maka telepon satelit hadir dengan ketahanan luar biasa yang layak Anda coba.

Tujuan utama diciptakannya telepon satelit adalah untuk menjembatani komunikasi bagi industri yang berada di sebuah tempat yang sulit dan mahal pengembangan prasarana telekomunikasinya.

Misalnya untuk menghubungkan kantor pusat dengan unit pengeboran minyak di lepas panjang. Namun, jika Anda membutuhkan telepon dengan layanan yang sangat luas ini, maka Anda bisa menggunakannya.

Referensi : 5 Benefits of Satellite Internet

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *