4 Manfaat Komunikasi Satelit

manfaat komunikasi satelit

4 Manfaat Komunikasi Satelit

Sebagai makhluk sosial, manusia sangat membutuhkan yang namanya komunikasi. Untungnya, saat ini komunikasi tak harus dilakukan secara tatap muka langsung.

Dari sekian banyak perangkat komunikasi yang tersedia, kebanyakan orang Indonesia memilih untuk menggunakan smartphone dengan jaringan biasa.

Padahal, jika berbicara tentang pemenuhan kebutuhan komunikasi, perangkat khusus komunikasi satelit sebetulnya lebih bisa diandalkan mengingat berbagai keunggulannya berikut ini.

Jangkauan luas, mampu menjangkau area-area terpencil

Sebenarnya, cara kerja hp berbasis komunikasi satelit dan konvensional tidak jauh berbeda. Ponsel, misalnya, memantulkan sinyal panggilan melalui menara pemancar ke telepon tujuan untuk melakukan komunikasi.

Sedangkan, perangkat berbasis komunikasi satelit seperti telepon satelit memantulkan sinyal panggilan ke satelit di luar angkasa. Setelah menerima sinyal, satelit akan meneruskan panggilan melalui sebuah gateway.

Nah, gateway inilah yang akan menyalurkan sinyal ke satelit terdekat, lalu panggilan akan dilanjutkan ke gateway yang dapat melacak penerima.

Karena memantulkan sinyal ke satelit, alhasil komunikasi satelit pun memiliki jangkauan yang lebih luas secara global, bahkan di area-area terpencil sekali pun.

Contohnya seperti area pegunungan atau pedesaan. Dengan begini, komunikasi yang Anda lakukan pun bisa lebih optimal.

Cenderung lebih hemat

Banyak orang yang sudah memahami tentang manfaat komunikasi satelit. Lantas,kenapa jumlah orang yang menggunakannya masih cenderung sedikit? Hal ini karena ada anggapan bahwa komunikasi satelit membutuhkan biaya yang mahal. Padahal,kenyataannya justru sebaliknya.

Biaya komunikasi satelit tidak akan bertambah walaupun jumlah situs penerima atau penggunanya meningkat.

Jarak antar titik komunikasi juga tidak menentukan biaya komunikasi satelit. Jadi, tidak peduli sejauh apa jarak Anda dengan penerima telepon,biaya komunikasi satelit tetap akan sama.

Bisa digunakan di berbagai sektor

Anda mungkin berpikir bahwa komunikasi satelit hanya dibutuhkan oleh orang-orang yang banyak beraktivitas di daerah-daerah susah sinyal.

Misalnya seperti orang yang bekerja di lepas pantai untuk pengeboran minyak atau mereka yang sedang mendaki gunung.

Hal itu tidak sepenuhnya benar. Ya, komunikasi satelit memang sangat dibutuhkan untuk pekerjaan-pekerjaan tersebut, tetapi sektor lain pun bisa ikut memanfaatkan komunikasi satelit.

Contohnya, sektor perbankan bisa menggunakan komunikasi satelit sebagai backbone untuk menjaga ATM wireless tetap berjalan secara lancar dan tanpa gangguan, terutama jika cabangnya tersebar di seluruh dunia.

Dengan begini, nasabah pun akan merasa puas karena mereka bisa melakukan transaksi kapan saja dibutuhkan.

Performa dan ketahanan yang andal

Tahukah Anda bahwa komunikasi satelit juga bisa beroperasi secara independen dari infrastruktur terrestrial?

Jika misalnya terjadi musibah terrestrial, baik karena human error maupun bencana alam, koneksi satelit tetap akan bisa beroperasi seperti biasanya. Dengan kata lain, komunikasi satelit memiliki performa dan ketahanan yang tinggi.

Hal ini tentu penting karena kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Adanya komunikasi satelit setidaknya membuat Anda bisa berjaga-jaga akan terjadinya risiko ketidakpastian tersebut.

Apabila musibah terjadi, komunikasi satelit tetap memungkinkan Anda untuk melakukan komunikasi sehingga bantuan bisa segera datang.

Baik komunikasi satelit maupun konvensional tentu memliki keunggulan masing-masing. Namun, apabila Anda lebih sering beraktivitas di tempat terpencil yang susah sinyal, sebaiknya gunakan perangkat seperti telepon satelit demi memenuhi kebutuhan komunikasi sehari-hari.

MSS sebagai solusi komunikasi satelit, dapat membantu Anda mendapatkan telepon satelit, hp satelit, atau broadband terminal satelit sesuai kebutuhan Anda.  Hubungi kami untuk konsultasi atau melakukan pembelian.

Sumber : Advantages of Satellites

______________

PT. Mega Sarana Satelit (MSS) adalah official partner Thuraya di Indonesia. MSS berdedikasi dalam menyediakan solusi komunikasi terutama di lokasi yang terpencil atau sulit dijangkau seperti di daerah lepas pantai (offshore), pegunungan, hutan, bahkan udara (untuk penerbangan). Bentuk solusi kami adalah penjualan teknologi komunikasi satelit antara lain modem internet satelit, hp satelit dan telepon satelit. Hubungi kami jika ada pertanyaan seputar komunikasi melalui jaringan satelit.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *