Peran Komunikasi Satelit dalam Manajemen Bencana

manajemen bencana

Peran Komunikasi Satelit dalam Manajemen Bencana

Bencana alam dapat terjadi sewaktu-waktu tanpa adanya peringatan terlebih dahulu. Beruntung saat ini teknologi terus berkembang dan beberapa langkah preventif bisa dilakukan.

Tidak hanya itu, teknologi juga berperan dalam upaya penanganan bencana yang lebih singkat dan praktis. Dengan adanya teknologi, mitigasi bencana pun menjadi lebih terorganisir.

Salah satu teknologi temuan manusia itu berupa komunikasi via satelit. Komunikasi melalui jalur satelit yang ada di luar angkasa tidak akan terdampak oleh terjadinya bencana.

Dengan demikian, walau terjadi bencana, komunikasi masih bisa tetap berjalan. Sebenarnya bagaimanakah komunikasi satelit dapat berperan dalam manajemen bencana?

Sebagai peringatan dini bencana alam

Manusia tidak akan pernah tahu kapan datangnya bencana alam. Penyebabnya pun kadang kala tidak terdeteksi sehingga saat bencana datang, dampak yang ditimbulkan akan sangat besar.

Saat ini telah ditemukan beberapa inovasi yang dapat membantu manusia untuk mendeteksi datangnya bencana. Dari sini, peringatan dini terhadap bencana dapat diberikan.

Hal ini telah dilakukan oleh pihak pemerintah Amerika Serikat. Untuk memberikan peringatan dini terhadap beberapa badai yang mungkin terjadi, negara adidaya ini mengumpulkan sejumlah data yang terkait dengan cuaca dan kondisi tanah melalui NASA (National Aeronautics and Space Administration) dan USGS (United States Geological Survey).

Data ini kemudian diolah dan kemudian dikirimkan kepada satelit observasi bumi milik Amerika yang ada di luar angkasa. Dari satelit ini kemudian akan dianalisa kesesuaiannya dengan kondisi yang tampak dari luar angkasa.

Setelah sesuai, data akan dikembalikan dalam bentuk perkiraan terjadinya bencana. Dengan perkiraan ini, peringatan dini terhadap bencana alam dapat diberikan kepada masyarakat.

Untuk back-up koneksi internet

Saat ini internet menajadi alternatif komunikasi yang lebih efektif dibandingkan dengan telepon. Melalui koneksi internet, data yang diberikan dan diterima akan menjadi lebih akurat. Begitu pula saat terjadi bencana alam.

Data dari internet bisa membantu untuk penanganan bencana yang lebih cepat. Walau begitu, koneksi ini tentu akan lebih susah diakses saat terjadi bencana.

Koneksi internet konvensional bergantung pada tower penerima sinyal yang kemungkinan bisa hancur saat terjadi bencana.

Inilah yang kemudian menyebabkan internet menjadi susah diakses. Berkat kecanggihan teknologi, sekarang telah tersedia internet satelit yang bisa diakses oleh banyak orang.

Hal ini telah terbukti dalam penanganan bencana Sulawesi Tengah akhir September 2018 lalu. Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan Badan Aksesibiltas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) memberikan 10 perangkat internet satelit.

Setelah dipasangnya perangkat ini, terbukti koordinasi menjadi lebih efektif.

Telepon satelit dalam bencana

Selain internet satelit, telepon satelit juga memiliki peran penting dalam mitigasi bencana. Telepon satelit sering kali dijadikan alternatif komunikasi karena sifatnya yang portable.

Tidak hanya untuk bencana, telepon satelit juga telah terbukti efektivitasnya dalam berbagai medan yang susah dijangkau seperti daerah terpencil dan zona perang.

Telepon satelit akan lebih cepat dari internet karena bentuk data yang dikirimkan hanya berupa suara saja. Dengan demikian, para petugas yang terjun langsung ke lapangan bisa langsung menghubungi bagian penyedia bantuan dengan cepat.

Koneksi telepon melalui satelit akan bebas hambatan karena tidak tergantung pada kabel atau base transceiver station (BTS).

Sejauh ini, sistem komunikasi satelit menjadi elemen penting bagi kelangsungan mitigasi bencana, entah itu yang berupa gempa, banjir, dan bencana alam.

Berkat teknologi terkini, satelit mampu memberikan data melalui bandwidth yang rendah dan tidak tegantung dengan infrastruktur terestrial. Semoga ke depannya satelit mampu membantu mitigasi bencana semakin baik lagi.

Source : Role of Satellites in Disaster Management
______________

PT. Mega Sarana Satelit (MSS) adalah official partner Thuraya di Indonesia. MSS berdedikasi dalam menyediakan solusi komunikasi terutama di lokasi yang terpencil atau sulit dijangkau seperti di daerah lepas pantai (offshore), pegunungan, hutan, bahkan udara (untuk penerbangan). Bentuk solusi kami adalah penjualan teknologi komunikasi satelit antara lain modem internet satelit, hp satelit dan telepon satelit. Hubungi kami jika ada pertanyaan seputar komunikasi melalui jaringan satelit.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *