Peranti Komunikasi yang Penting untuk Ekspedisi Anda

komunikasi-untuk-ekspedisi

Peranti Komunikasi yang Penting untuk Ekspedisi Anda

Komunikasi menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari kita, termasuk pula ketika sedang melakukan sebuah ekspedisi baik di darat maupun ekspedisi laut. Untuk itulah penting bagi Anda memperhatikan segala peranti komunikasi yang dibutuhkan. untuk ekspedisi

Hal tersebut dimaksudkan untuk membuat ekspedisi menjadi lancar. Terlebih bila ekspedisi dilakukan di tengah medan yang berat. Adapun peranti komunikasi yang penting dan perlu Anda bawa saat ekspedisi adalah sebagai berikut:

Telepon Satelit

Saat Anda melakukan ekspedisi maupun pendakian, sangat dianjurkan untuk membawa alat komunikasi seperti telepon satelit. Karena ketika kita berada di tempat terpencil atau di wilayah pegunungan, sinyal yang sulit kerap membuat komunikasi tidak maksimal.

Terlebih komunikasi yang berbasis suara ataupun video. Suara dan gambar akan jadi tidak jernih bahkan tidak bisa digunakan karena keterbatasan akses sinyal.

Sinyal telepon satelit dipancarakan melalui BTS yang ada di luar angkasa dan dapat menjangkau hampir seluruh wilayah di belahan bumi.

Bila jaringan GSM terputus, Anda masih bisa menggunakan sinyal satelit ini. Bahkan ketika berada di tengah cuaca ekstrem sekali pun. Telepon satelit juga memiliki kualitas dan durabilitas tinggi, termasuk daya baterai siaga.

Ada dua sistem satelit yang memiliki kualitas baik dan menjadi andalan ketika ekspedisi maupun pendakian, yakni Thuraya yang kerap digunakan di wilayah Asia, Afrika, dan Eropa; dan Iridium yang banyak digunakan di wilayah Amerika Utara dan Amerika Selatan serta memiliki kualitas jernih saat digunakan di tengah lautan lepas.

Thuraya cocok digunakan untuk ekspedisi maupun pendakian di pegunungan, seperti yang banyak digunakan oleh para pendaki di Everest dan ekspedisi pendakian gunung tertinggi di dunia.

Sementara Iridium kebanyakan digunakan untuk ekspedisi di lautan, baik untuk pengiriman barang-barang kargo, eksplorasi laut lepas, dan komunikasi di kapal.

Telepon Seluler

Meskipun Anda membawa telepon satelit, bukan berarti tidak membutuhkan telepon seluler. Telepon seluler dapat digunakan ketika berada di area yang ter-cover jaringan.

Namun, kelemahannya adalah terkadang Anda harus mengganti kartu SIM dengan kartu SIM lokal di sebuah negara. Selain itu, wilayah jangkauannya pun tidak seluas telepon satelit.

Untuk ekspedisi pendakian di Everest, misalnya, jika dari Nepal jangkauan sinyal telepon seluler hanya bisa mencapai Everest Base Camp (EBC).

Itu pun hanya untuk komunikasi suara, sementara untuk data Anda perlu mencari tempat yang tinggi demi mendapatkan akses sinyal.

Modem Satelit

Internet kini menjadi kebutuhan utama, termasuk ketika melakukan ekspedisi. Agar tetap terhubung, Anda dapat membawa modem satelit.

Kecepatan akses dan penggunaan ditentukan oleh kapasitas laptop. Beberapa modem terkadang perlu men-install software tertentu di laptop untuk dapat terhubung. Tetapi ada pula yang ringkas tanpa harus men-install software terlebih dahulu, seperti modem satelit Thuraya IP+.

Agar lebih maksimal dalam penggunaannya, sebaiknya Anda ubah setingan laptop. Semisalnya mematikan fitur update secara ototmatis dan mengirim gambar dengan ukuran yang tidak besar.

Ingat, modem satelit berbeda dengan modem pada umumnya. Walaupun memiliki koneksi lancar, data yang Anda unggah biasanya terbatas.

Gadget Tenaga Surya

Peranti utama yang tidak kalah pentingnya adalah peralatan elektronik dan gadget. Baik laptop, telepon (satelit maupun seluler) serta peralatan lain yang paling utama adalah kebutuhan daya, setelah itu konektivitas dan kegunaan peralatan tersebut.

Di alam terbuka saat ekspedisi, mungkin Anda akan kesulitan menemukan saluran listrik untuk mengisi ulang baterai. Solusinya adalah dengan menggunakan peralatan yang berbasis tenaga surya.

Anda juga dapat menggunakan charger dengan daya 12 V agar lebih efisien. Sedangkan untuk perlengkapan lainnya adalah peralatan untuk melindungi peranti tersebut.

Ini diperlukan agar peranti tidak rusak di saat cuaca tidak menentu seperti hujan dan suhu udara yang berubah ekstrem.

Melakukan ekspedisi di tempat-tempat ekstrem atau terpencil bukan berarti Anda harus memutus saluran komunikasi. Berbagai perangkat di atas akan membantu Anda berkomunikasi secara lancar selama ekspedisi berlangsung. Semoga ekspedisi Anda berjalan sesuai rencana!

Source : Expedition Communications 

______________

PT. Mega Sarana Satelit (MSS) adalah official partner Thuraya di Indonesia. MSS berdedikasi dalam menyediakan solusi komunikasi terutama di lokasi yang terpencil atau sulit dijangkau seperti di daerah lepas pantai (offshore), pegunungan, hutan, bahkan udara (untuk penerbangan). Bentuk solusi kami adalah penjualan teknologi komunikasi satelit antara lain modem internet satelit, hp satelit dan telepon satelit. Hubungi kami jika ada pertanyaan seputar komunikasi melalui jaringan satelit.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *