Komunikasi Satelit Maritim

Komunikasi Satelit Maritim

Anda mungkin tidak begitu mengerti bagaimana komunikasi di lautan lepas bisa terjadi. Bayangkan saja, lokasi ini berada jauh dari pusat kehidupan manusia.

Jauh dari kehidupan manusia berarti tidak ada base transceiver station (BTS) yang berfungsi untuk menerima sinyal. Padahal di lautan lepas ini juga masih ada aktivitas manusia yang membutuhkan komunikasi.

Solusinya adalah dengan menggunakan sinyal dari satelit. Ya, komunikasi maritim bisa dilakukan dengan menggunakan sinyal dari satelit yang ada di luar angkasa. Memangnya apa saja yang bisa dilakukan dengan komunikasi satelit maritim?

Layanan komunikasi satelit maritim

Layanan komunikasi jenis ini bisa terjadi karena sekarang jumlah aktivitas di laut lepas semakin meningkat.

Hal ini lumrah jika mengingat saat ini jual-beli internasional yang semakin pesat, tur kapal pesiar semakin diminati wisatawan, dan banyak negara yang kawasan maritimnya ada di kondisi siaga. Di sinilah layanan komunikasi satelit maritim dapat memenuhi berbagai kebutuhan di laut lepas.

Ini dia berbagai fasilitas layanan yang biasanya tercakup oleh komunikasi satelit maritim.
Layanan komunikasi suara

Saat Anda berlibur dengan kapal pesiar atau sedang dinas di laut lepas, komunikasi jelas tetap dibutuhkan. Anda tentunya ingin menghubungi keluarga dan kerabat untuk sekadar berbagi kabar terkini.

Bentuk komunikasi jarak jauh yang paling konvensional adalah dengan menggunakan telepon.
Dengan layanan komunikasi satelit maritime, Anda dapat tetap melakukan komunikasi suara lewat telepon.

Caranya adalah dengan menggunakan provider komunikasi yang mampu menerima dan mengirim sinyal satelit.

Saat ini telah banyak provider komunikasi yang menyediakan layanan komunikasi suara untuk penggunaan di lautan lepas.

Layanan surel via telepon

Anda mungkin tidak bisa terbebas dari pekerjaan saat berlibur dengan kapal pesiar, atau justru pekerjaan yang digeluti berada di lepas pantai (offshore). Saat harus bekerja di kondisi seperti ini, biasanya Anda harus mengirim dan menerima surel (e-mail) dari rekan kerja atau atasan.

Ternyata, layanan komunikasi satelit maritim tidak hanya menyediakan komunikasi suara.

Dengan layanan komunikasi ini Anda masih tetap bisa menerima dan mengirim surel meski sedang berada di lautan yang tidak memiliki tower penerima sinyal.

Bahkan layanan ini mampu bersaing dengan kecepatan transfer data internet di daratan. Ini sekaligus mematahkan anggapan bahwa internet dengan satelit sangat lambat.

Layanan internet

Seperti yang telah disinggung pada poin sebelumnya, komunikasi satelit maritim juga mencakup layanan internet.

Saat ini, layanan internet dengan menggunakan satelit sudah mampu bersaing dengan layanan internet yang menggunakan kabel atau DSL. Manfaatnya, Anda bisa mengakses internet satelit dengan kecepatan yang baik di mana saja.

Anda tidak perlu khawatir lagi dengan buffering saat menonton video atau loading yang lama saat harus menggunggah file.

Berkat teknologi terkini, semua kesulitan tersebut tidak akan Anda rasakan lagi. Jika dahulu kecepatan internet satelit di tengah lautan hanya tidak lebih dari 3 Kb per detiknya, kini bisa menjadi maksimal 2 Mb per detik.

Internet dengan satelit bisa lebih cepat karena latency yang menyebabkan lamanya transfer data bisa diminimalisir. Layanan komunikasi yang cepat untuk penggunaan di lautan lepas bisa Anda rasakan bersama MSS.

Provider kami telah bekerja sama dengan operator komunikasi berpengalaman, Thuraya. Tidak hanya itu, MSS juga menyediakan beragam peralatan komunikasi maritim seperti telepon satelit.

Karenanya, percayakan segala kebutuhan komunikasi And selama berada di laut lepas kepada kami.

Sumber : Marine Satellite Communications

______________

PT. Mega Sarana Satelit (MSS) adalah official partner Thuraya di Indonesia.  MSS berdedikasi dalam menyediakan solusi komunikasi terutama di lokasi yang terpencil atau sulit dijangkau seperti di daerah lepas pantai (offshore), pegunungan, hutan, bahkan udara (untuk penerbangan).  Bentuk solusi kami adalah penjualan teknologi komunikasi satelit antara lain modem internet satelit, hp satelit dan telepon satelit.  Hubungi kami jika ada pertanyaan seputar komunikasi melalui jaringan satelit.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *