5 Cara Melakukan Komunikasi dari Daerah Pedalaman

komunikasi dari daerah pedalaman

5 Cara Melakukan Komunikasi dari Daerah Pedalaman

Melakukan komunikasi jarak jauh di daerah pedalaman atau terpencil yang sulit dijangkau transportasi dan tanpa sinyal tentu tak mudah dilakukan.

Namun, kebutuhan untuk berkomunikasi mutlak diperlukan bagi orang-orang yang bekerja di area tengah hutan ataupun proyek pertambangan laut lepas.

Lalu, bagaimana cara berkomunikasi di area tersebut? Cari tahu beberapa caranya di bawah ini!

Telepon satelit

Teknologi telepon satelit merupakan salah satu cara untuk berkomunikasi jarak jauh yang efektif digunakan di daerah terpencil dan pedalaman.

Telepon berbasis satelit ini mampu menjembatani komunikasi untuk industri yang letaknya di daerah terpencil, berkomunikasi dari puncak  gunung atau menghubungkan kantor pusat dengan unit pengeboran minyak yang letaknya di tengah samudera.

Sebenarnya, telepon satelit punya cara kerja yang mirip dengan telepon seluler. Bila telepon seluler mengirimkan sinyal panggilan menuju menara pemancar atau base transceiver station (BTS) darat ke telepon tujuan, maka telepon satelit mengirimkan sinyal panggilan ke satelit di BTS luar angkasa.

Ini adalah alternatif komunikasi di daerah yang tidak memiliki jaringan telepon ataupun frekuensi radio karena dapat men-cover secara worldwide dengan high angle altitude.

Radio frequency

Cara melakukan komunikasi jarak jauh dari daerah pedalaman selanjutnya dalah dengan menggunakan frekuensi radio.

Radio Frequency atau RF networks punya jangkauan yang lebih luas bila dibandingkan dengan UHF/VHF narrowband radio yang dapat men-cover jarak hingga 96 km. Alhasil, daya jelajahnya cukup luas dan efektif digunakan di daerah terpencil.

Menariknya lagi, frekuensi radio juga bisa dibagi ke perangkat lainnya.

Alternatif cara komunikasi jarak jauh dengan RF ini dapat menyebarkan informasi melalui sinyal dengan frekuensi yang luas.

Spektrumnya bisa digunakan untuk komunikasi point to point maupun point to multipoint. Anda bahkan juga bisa menggunakan RF sebagai modem atau radio bila dikoneksikan dengan data logger atau base station modem ketika dihubungkan dengan komputer.

Seluler

Jaringan seluler merupakan salah satu cara untuk berkomunikasi jarak jauh di daerah pedalaman. Transmisi data dari network cellular dilakukan melalui cell tower.

Data tersebut dapat diakses via internet protokol TCP/IP atau IP adress. Jaringan seluler bisa digunakan untuk data exchange dua arah dan dapat diandalkan ketika jaringan telepon di darat (land lines) belum didirikan.

Data logger jaringan seluler dapat diprogram untuk menginisiasi panggilan dari modem ke PC dengan kondisi tertentu.

Sinyal yang didapatkan terkadang tidak begitu kuat dan mengganggu proses komunikasi jarak jauh di daerah terpencil.

Handy Talkie

Selain telepon satelit, handy talkie (HT) juga dapat menjangkau area yang tak bisa diakses oleh telepon biasa.

Jangkauannya sangat luas, bahkan bisa digunakan untuk berkomunikasi di daerah terpencil yang tidak terhubung jaringan telepon.

Sinyalnya tidak mudah terputus oleh cuaca sehingga mudah untuk memantau daerah pedalaman.

Pengoperasiannya mudah dan alatnya pun simpel bisa dibawa ke mana saja. Biaya yang dibutuhkan juga lebih murah bila dibandingkan dengan alternatif alat komunikasi jarak jauh di daerah terpencil yang lainnya.

HT dapat menghubungkan dua lokasi yang jauh dalam waktu yang singkat. Cocok digunakan untuk Anda yang bekerja area hutan dan daerah-daerah terpencil lainnya.

Internet dan IP Networks

Alat komunikasi mutlak diperlukan meski berada di pedalaman, terutama untuk tuntutan kerja. Internet juga mempunyai jangkauan luas untuk digunakan di remote area dan daerah terpencil yang sulit diakses oleh alat komunikasi konvensional.

Internet dan IP Networks dapat menjembatani komunikasi dengan jarak transmisi worlwide. Anda bisa menghubungkannya dengan network lokal atau TCP/IP, serta membutuhkan Wi-Fi hotspot.

Internet dan IP Networks dapat digunakan untuk akses protokol internet sperti DPN3, OPC, dan lainnya. Teknologi ini memungkinkan pelaporan informasi jarak jauh kepada operator sistem di daerah yang sulit dijangkau.

Cara melakukan komunikasi jarak jauh di daerah pedalaman bisa dilakukan dengan berbagai cara. Telepon satelit merupakan salah satu cara efektif yang bisa digunakan untuk menjangkau daerah terpencil.

Misalnya, telepon satelit dari Thuraya yang memungkinkan Anda berkomunikasi di daerah pedalaman yang tidak dapat dijangkau oleh telepon biasa. Semoga bermanfaat!

Sumber referensi : Communications Solutions

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *