Pentingnya Komunikasi Berbasis Satelit di Masa Depan

komunikasi-berbasis-satelit

Pentingnya Komunikasi Berbasis Satelit di Masa Depan

Berkembangnya komunikasi berbasis satelit adalah kemajuan teknologi yang menandai dimulainya era baru di bidang komunikasi.

Telepon satelit yang memiliki akses jangkauan lebih luas dibandingkan dengan telepon biasa membuatnya cukup banyak diminati oleh banyak pihak.

Tidak mengherankan jika nantinya di masa depan komunikasi berbasis satelit akan banyak digunakan.

Komunikasi berbasis satelit

Pertama kali pada tahun 1950-an, Bell laboratories menggunakan satelit awal ECHO dan TELSTAR untuk mendemonstrasikan kekayaan komunikasi ruang angkasa.

Pada tahun 1957, Uni Soviet meluncurkan satelit SPUTNIK dan 1963 Amerika Serikat mengorbitkan geosynchornous pertama, yaitu SYNCOM2 yang cukup menggemparkan dunia.

Kemampuan satelit sebelumnya merupakan hal yang tidak terbayangkan. Sebagai teknologi baru, komunikasi satelit dapat diandalkan untuk memenuhi kebutuhan komunikasi di daerah-daerah terpencil yang sulit dijangkau.

Kemampuan satelit juga unggul untuk mengatasi berbagai masalah komunikasi seperti jarak, waktu, cuaca, dan dapat digunakan untuk keperluan tertentu yang spesifik.

Karakteristik komunikasi satelit

Komunikasi berbasis satelit punya karakteristik fundamental yang membuatnya istimewa, yaitu lebar gelombang bandwith-nya luas sehingga kapasitas komunikasinya mampu melayani titik-titik tujuan yang tidak ditentukan lebih dahulu.

Hal ini penting untuk teknologi komunikasi suara, transmisi radio, satelit TV, navigasi GPS, remote sensing, pemetaan, satelit cuaca, dan lainnya.

Teknologi berbasis satelit menjadi kekuatan di tengah tingginya kebutuhan akses kecepatan data. Satelit komunikasi mampu menerima, memperkuat, dan memancarkan sinyal suara.

Contohnya seperti TV, telepon dan lainnya dari satu titik ke titik yang lain di bumi. Satelit merupakan repeater atau pengulangan sinyal dan memperkuatnya agar tetap bisa ditangkap.

Pemanfaatan komunikasi satelit di berbagai sektor

Kehadiran teknologi komunikasi satelit telah menciptakan tantangan dan kesempatan baru di sektor telekomunikasi masa depan.

Komunikasi satelit dapat memproses digital berkecepatan tinggi dan menyediakan pelayanan global, personal, dan mobile melalui akses langsung atau komunikasi terrestrial melalui gateways.

Teknologi satelit berperan penting dalam tiap aspek kehidupan seperti perdagangan, industri, rumah tangga dan lainnya.

Teknologi satelit bahkan sangat menarik bagi para pelaku bisnis dalam skala global maupun regional. Dengan teknologi satelit, kemampuan komunikasi yang dimiliki tinggi, sedangkan biaya yang dikeluarkan semakin rendah.

Kemajuan teknologi berbasis satelit juga mengubah era perdagangan bebas.

Tak hanya itu, satelit komunikasi juga dapat bermanfaat untuk aplikasi ilmiah yang berhubungan dengan meteorologi, lingkungan, klimatologi, prediksi, dan mitigasi bencana alam tak terduga.

Bahkan ternyata saat ini satelit juga sudah dimanfaatkan untuk layanan perbankan. Salah satu bank nasional bahkan telah meluncurkan dan mengoperasikan satelit sendiri.

Hal tersebut tidak terlepas dari penggunaan satelit dalam mendukung komunikasi tanpa pihak perantara lain sehingga dapat menekan biaya operasional dan memangkas banyak dana di masa depan.

Orbit satelit adalah aset penting bagi operator satelit dan pemerintahan negara. Kecanggihan teknologi satelit juga dapat digunakan untuk segi keamanan negara, seperti melindungi rakyat dari invasi dalam keadaan darurat keamanan nasional.

Telepon satelit untuk daerah yang sulit dijangkau

Telepon satelit adalah layanan telekomunikasi berupa telepon tanpa kabel yang memiliki jangkauan lebih luas bila dibandingkan dengan telepon berbasis GSM.

Hal ini dikarenakan base transceiver station (BTS) telepon satelit terletak di udara, sedangkan telepon berbasis GSM menempatkan BTS nya di darat.

Telepon satelit dapat menjembatani komunikasi untuk industri yang terletak di daerah yang sulit dijangkau. Hebatnya lagi, telepon satelit juga tidak mudah terputus oleh cuaca dan bencana alam.

Ia dapat membuat sambungan telepon meski jaringan telepon GSM terputus dan mampu menghubungkan dua lokasi yang sangat jauh dalam waktu yang singkat. Bahkan jangkauannya bisa mencapai ke tengah laut dan samudera.

Cocok digunakan untuk Anda yang bekerja di daerah terpencil atau daerah pengeboran minyak lepas pantai. Komunikasi berbasis satelit memiliki banyak kemampuan mutakhir yang bisa dimanfaatkan di masa depan.

Jangkauannya yang luas dapat menjawab kebutuhan untuk berkomunikasi di daerah terpencil yang tidak dapat dijangkau oleh telepon biasa.

Komunikasi berbasis satelit dapat mengatasi berbagai masalah dan punya kapasitas komunikasi yang luar biasa. Hal ini dapat memudahkan Anda berkomunikasi di mana saja dan kapan saja!

Sumber referensi : Satellite communication of the future

______________

PT. Mega Sarana Satelit (MSS) adalah official partner Thuraya di Indonesia.  MSS berdedikasi dalam menyediakan solusi komunikasi terutama di lokasi yang terpencil atau sulit dijangkau seperti di daerah lepas pantai (offshore), pegunungan, hutan, bahkan udara (untuk penerbangan).  Bentuk solusi kami adalah penjualan teknologi komunikasi satelit antara lain modem internet satelit, hp satelit dan telepon satelit.  Hubungi kami jika ada pertanyaan seputar komunikasi melalui jaringan satelit.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *