IoT dan M2M untuk Efisiensi Operasional Perusahaan Ekspedisi

iOT dan M2M

IoT dan M2M untuk Efisiensi Operasional Perusahaan Ekspedisi

Machine-to-Machine communication atau M2M merupakan dua mesin yang “berkomunikasi” atau saling bertukar data tanpa antarmuka atau interaksi manusia.

Proses ini mencakup koneksi serial, koneksi powerline, atau komunikasi wireless di Internet of Things (IoT).

Peralihan ke wireless membuat komunikasi M2M menjadi jauh lebih mudah dan memungkinkan lebih banyak aplikasi untuk saling berhubungan.

Lalu, bagaimana pengaruh IoT dan M2M untuk efisiensi operasional perusahaan ekspedisi? Berikut informasinya!

Mengenal komunikasi M2M

Umumnya, ketika seseorang menyebut komunikasi M2M, hal tersebut mengacu pada komunikasi seluler untuk perangkat yang disematkan.

Contoh komunikasi M2M dalam kasus ini adalah vending machines (mesin penjual otomatis) yang mengirimkan informasi persediaan atau mesin ATM yang memperoleh otorisasi untuk mengeluarkan uang tunai.

Karena banyak bisnis yang sudah menyadari manfaat M2M, M2M kemudian memiliki istilah baru, yaitu IoT.

IoT dan M2M menawarkan dua nilai yang serupa, yaitu secara mendasar mengubah cara dunia beroperasi.

Layaknya IoT, M2M memungkinkan hampir semua sensor untuk berkomunikasi. Hal ini membuka kemungkinan sistem memonitor diri sendiri dan secara otomatis menanggapi perubahan lingkungan tanpa keterlibatan manusia.

M2M dan IoT hampir sama, tetapi IoT biasanya mengacu pada komunikasi nirkabel, sedangkan M2M dapat merujuk pada kedua mesin, baik kabel atau nirkabel.

Cara kerja M2M

Seperti sudah disebut sebelumnya, komunikasi M2M membuat IoT menjadi mungkin untuk digunakan.

Menurut Forbes, M2M merupakan salah satu jenis perangkat teknologi terhubung yang paling cepat berkembang di pasar saat ini.

Perkembangannya cukup besar karena teknologi M2M dapat menghubungkan jutaan perangkat dalam single network (jaringan tunggal). Mulai dari vending machines, peralatan medis, hingga kendaraan.

Pada dasarnya, jaringan M2M sangat mirip dengan jaringan LAN atau WAN. Namun, secara eksklusif ia digunakan agar mesin, sensor, dan kontrol memungkinkan untuk berkomunikasi.

Perangkat-perangkat ini memberikan informasi yang mereka kumpulkan kembali pada perangkat lain di jaringan yang sama.

Proses ini memungkinkan Anda menilai apa yang sedang terjadi di seluruh jaringan dan mengeluarkan instruksi tepat.

Pengaplikasian M2M

M2M dapat diaplikasi pada beberapa bidang, di antaranya:

Pengelolaan infrastruktur

Misalnya untuk kereta api, M2M dapat digunakan untuk mendeteksi kondisi keamanan jalur kereta. Dengan M2M, palang pintu kereta akan terbuka secara otomatis tanpa harus khawatir jika seandainya penjaga kereta sedang terlelap tidur.

Sedangkan di pelabuhan, M2M dapat dimanfaatkan untuk manifest ribuan barang dalam satu kapal atau container sehingga data manifest bisa lebih cepat tersedia.

Sistem monitoring pelabuhan pun berguna baik untuk operator pelabuhan maupun untuk pengguna.

Monitoring lingkungan

M2M dapat dimanfaatkan untuk melihat kondisi air secara real-time di waduk, informasi debit air untuk irigasi bagi para petani, dan sebagai mitigasi bencana ke para pelaut dan nelayan di laut.

Kebakaran hutan juga dapat dicegah dengan sistem pencegahan kebakaran yang terintegrasi. Melalui data laporan titik panas dari satelit yang terhubung langsung ke sistem penyemprotan air di titik lokasi kebakaran, api dapat dipadamkan lebih cepat.

Manufaktur

Setiap lingkungan manufaktur, baik pengolahan makanan ataupun produk umum, bergantung pada teknologi untuk memastikan biaya dikelola dengan baik dan proses manufaktur berlangsung efisien.

Otomasi proses manufaktur dalam lingkungan yang serba cepat diharapkan mampu meningkatkan proses manufaktur.

Dalam dunia manufaktur, hal ini dapat melibatkan prosedur pemeliharaan dan keamanan peralatan secara otomatis.

Perlengkapan rumah

IoT telah memengaruhi konektivitas alat rumah melalui platform seperti Nest. Namun, M2M diharapkan mampu membawa IoT rumahan ke tingkat berikutnya.

Produsen seperti LG dan Samsung secara perlahan-lahan telah meluncurkan peralatan rumah pintar untuk membantu memastikan kualitas hidup yang lebih baik.

Misalnya dengan mesin cuci berkemampuan M2M yang dapat mengirimkan peringatan ke perangkat pintar pemilik setelah mencuci atau mengeringkan.

Pengaruh IoT dan M2M bagi perusahaan ekspedisi

Iot dan M2M dapat memberikan berbagai kemudahan kepada perusahaan atau para pelaku bisnis yang mengadopsinya, tidak terkecuali bagi perusahan ekspedisi.

Bisnis jasa pengiriman barang ini memiliki masa depan yang sangat menjanjikan karena ekspektasi publik terhadap kualitas layanan menjadi tolak ukur penting.

Sektor jasa ekspedisi saat ini terus berlomba memberikan layanan yang berfokus bukan hanya pada keselamatan, tapi juga kecepatan dan ketepatan.

Oleh karena itu, kebutuhan pada presisi data menjadi keniscayaan bagi pebisnis. Pada sektor bisnis yang bergerak di bidang distributor, retail, dan jasa pengiriman, penerapan IoT dan M2M akan menghubungkan setiap pengguna aplikasi.

Contohnya, aplikasi khusus untuk pengemudi, pelanggan, dan pihak distributor. Dengan penerapan ini, biaya operasional perusahaan akan jauh lebih murah karena seluruh manajemen yang ada akan menjadi lebih efisien.

Itulah informasi mengenai pengaruh IoT dan M2M untuk efisiensi operasional perusahaan ekspedisi yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Referensi : What is M2M?

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *