Mengenal Lebih Dekat tentang Internet Satelit

Internet Satelit

Mengenal Lebih Dekat tentang Internet Satelit

Internet di era digital seperti sekarang menjadi salah satu kebutuhan utama masyarakat, baik untuk keperluan di bidang pekerjaan hingga komunikasi.

Sayangnya, jaringan internet tidak dapat diakses oleh semua orang, terutama mereka yang tinggal di tempat-tempat terpencil atau sangat jauh seperti pegunungan, hutan dan di tengah laut/daerah lepas pantai (offshore).

Untuk itulah kini muncul internet satelit yang memberikan kenyamanan dalam berkomunikasi. Apa itu internet satelit dan bagaimana seluk-beluknya? Berikut ulasannya yang perlu Anda ketahui.

Apa itu internet satelit?

Sebenarnya, internet satelit tidaklah jauh berbeda dengan jaringan internet pada umumnya. Namun, untuk internet satelit, pengguna biasanya harus menggunakan antena parabola untuk menangkap sinyal.

Hal ini tentu sangat berbeda dengan internet biasa yang menggunakan kabel untuk menyalurkan sinyal.

Antena dan piringan parabola inilah yang berfungsi mengirimkan dan menerima sinyal dengan satelit yang mengelilingi orbit untuk kemudian meneruskan serta memberikan akses pada penggunanya.

Lalu, lintas sinyal internet satelit cukup tinggi bila dibandingkan dengan internet kabel. Untuk itulah Anda harus memasang antena parabola dengan tepat agar dapat menerima sinyal terbaik.

Jenis-Jenis internet satelit dan pemancarnya

Internet satelit memiliki beberapa jenis, hal ini didasarkan pada daya pemancar yang digunakan. Jenis internet satelit tersebut di antaranya adalah:

VSAT Internet Satelit

Merupakan singakatan dari Very Small Aperture Terminal atau penerima sinyal dari satelit dengan antena berbentuk parabola.

Sistem VSAT mengadopsi TDA dan TDMA dengan piringan yang dapat menjangkau piringan pemancar di tempat lain di lokasi yang jauh sekali pun.

Keunggulan dari sistem ini adalah pemasangannya yang mudah, koneksi cepat, fleksibel, serta jangkauannya yang luas. Namun, kelemahannya adalah rentan terhadap kondisi cuaca, terutama hujan.

KU-Band

Ku-Band adalah sebutan untuk Kurtz-Under Band yang digunakan untuk satelit komunikasi, terutama satelit televisi yang terhubung dengan internet.

Frekuensinya mencapai gelombang mikro hingga 11.7 Ghz-14.5 Ghz. Kelebihan dari jenis ini adalah energinya yang besar untuk mencegah sistem gelombang lainnya. Kelemahannya juga rentan saat cuaca hujan yang lebat serta disertai badai.

C-Band

C-Band merupakan nama yang diberikan pada bagian tertentu dari spektrum elektromagnetik. Selain itu, C-Band juga berfungsi menandai panjang gelombang dari mikro yang digunakan untuk telekomunikasi radio jarak jauh.

Biasanya digunakan untuk jaringan telepon nirkabel maupun sistem radar cuaca. Kelebihan dari C-Band adalah mampu bertahan di segala cuaca buruk.

Sedangkan, kelemahannya adalah banyak terjadi gannguan karena adanya satelit lain yang menggunakan frekuensi yang sama.

Bagimana menggunakannya?

Cara menggunakan internet satelit sebenarnya tidak terlalu rumit. Anda bisa memasangnya dengan menggunakan antena parabola atau modem.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda memasang internet satelit, di antaranya adalah:

  1. Pilihlah operator penyedia jasa internet satelit yang dapat digunakan di daerah Anda. Cobalah juga untuk membandingkan antara penyedia jasa satu dengan yang lainnya karena biasanya memiliki penawaran dan fitur yang berbeda.
  2. Jika Anda memasang piringan atau parabola, pastikan arahnya benar. Untuk wilayah Indonesia, pastikan menghadap ke arah khatulistiwa.
  3. Selain itu, pasanglah di tempat terbuka dan cukup tinggi agar dapat menangkap sinyal dengan jelas.
  4. Gunakan modem internet satelit yang mulai dikembangkan oleh berbagai perusahaan teknologi. Adapun router yang bisa Anda gunakan contohnya Thuraya IP+.

Prospek satelit internet di masa mendatang

Penggunaan internet satelit di masa mendatang memiliki prospek yang menjanjikan karena internet satelit bisa digunakan untuk men-cover area yang luas, baik secara nasional maupun global.

Di Indonesia yang memiliki banyak pulau dan tempat-tempat terpencil, internet satelit cocok digunakan untuk keperluan komunikasi sehari-hari, keperluan ekspedisi, maupun kondisi darurat.

Contohnya seperti ketika terjadi bencana alam, biasanya sinyal telepon dan satelit konvensional akan terputus.

Salah satu alternatif agar komunikasi dapat berjalan lancar adalah dengan menggunakan internet satelit.

Itulah sekilas tentang internet satelit yang perlu Anda ketahui. Apakah kini Anda tertarik untuk menggunakan internet satelit demi kebutuhan sehari-hari?

Sumber : What is Satellite Internet?
______________

PT. Mega Sarana Satelit (MSS) adalah official partner Thuraya di Indonesia.  MSS berdedikasi dalam menyediakan solusi komunikasi terutama di lokasi yang terpencil atau sulit dijangkau seperti di daerah lepas pantai (offshore), pegunungan, hutan, bahkan udara (untuk penerbangan).  Bentuk solusi kami adalah penjualan teknologi komunikasi satelit antara lain modem internet satelit, hp satelit dan telepon satelit.  Hubungi kami jika ada pertanyaan seputar komunikasi melalui jaringan satelit.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *