Internet Satelit vs Internet Kabel

internet kabel vs satelit

Internet Satelit vs Internet Kabel

Memiliki akses internet yang cepat sangat penting bagi kelancaran aktivitas Anda. Internet sendiri memiliki peranan penting mulai dari mengirim email, membayar tagihan, membuat janji, hingga tetap terhubung kepada orang-orang tersayang.

Untuk itu, penting bagi Anda untuk memiliki koneksi internet high-speed yang bisa diandalkan. Namun, Anda mungkin saja bingung dalam memutuskan dengan begitu banyak opsi layanan internet yang tersedia.

Dua opsi layanan internet yang bisa Anda gunakan adalah internet satelit dan internet kabel. Dengan mayoritas internet di seluruh dunia saat ini tersambung via kabel (bawah laut), apakah internet satelit memiliki kecepatan yang sama dengan internet kabel? Berikut informasinya!

Perbandingan teknologi yang digunakan

Internet satelit menggunakan satelit ruang angkasa untuk terhubung ke internet. Ketika Anda men-install satelit internet, peng-install akan menempatkan parabola di dekat rumah Anda.

Parabola tersebut akan mengirimkan data ke penyedia pusat komunikasi di daratan dan kepada satelit yang mengorbit lebih dari 20 ribu mil di atas Bumi.

Sedangkan, internet kabel bekerja melalui saluran kabel bawah tanah. Apabila Anda memilih untuk menggunakan internet kabel, peng-install akan mengatur modem di rumah Anda.

Modem tersebut akan mengirimkan sinyal digital antara saluran kabel Anda, yang berjalan ke kantor provider (operator) dan ke komputer Anda.

Cakupan

Salah satu keuntungan terbesar dari internet satelit adalah ketersedian aksesnya di hampir semua tempat. Yang Anda butuhkan hanyalah pemandangan langit selatan yang jelas.

Internet satelit adalah pilihan terbaik bagi internet pedesaan. Mengingat banyak layanan internet saat ini belum mampu mencakup daerah pedesaan, penggunaan internet satelit bisa menjadi solusi yang dapat diandalkan.

Sedangkan untuk internet kabel yang bekerja di jalur kabel, cakupannya terbatas pada area yang memiliki jalur kabel saja.

Meskipun internet kabel tersedia di sebagian besar daerah perkotaan dan pinggiran kota, cakupannya tidak sampai hingga daerah pedesaan. Selain itu, untuk mendapatkan internet kabel yang andal, Anda harus berada di area yang dekat dengan keberadaan operator.

Hal ini membuat penggunaan internet kabel cenderung terbatas jika dibandingkan dengan internet satelit.

Harga

Harga internet satelit bervarisi, tergantung pada operator dan paket yang Anda pilih. Paket dengan kecepatan lebih tinggi perlu biaya lebih besar.

Namun, jika Anda lebih mengutamakan bujet dibanding kecepatan, tersedia paket dengan harga yang lebih terjangkau. Besar tidaknya harga internet satelit juga ditentukan oleh jenis peralatan dan instalasi yang Anda butuhkan.

Sedangkan untuk internet kabel juga tidak jauh berbeda, harganya bergantung pada pilihan operator dan paket Anda. Variasi harga internet kabel pun begitu banyak.

Mirip dengan internet satelit, paketnya dapat berkisar antara USD 40 dan USD 100 per bulan, dengan kecepatan yang lebih cepat dan harga yang lebih tinggi.

Kecepatan koneksi

Internet satelit menawarkan koneksi broadband berkecepatan tinggi yang lebih cepat dari sebelumnya. Anda dapat memilih kecepatan internet satelit yang Anda butuhkan untuk memenuhi kebutuhan aktivitas online Anda.

Internet satelit cukup cepat untuk mengirimkan email, mengunggah dan mengunduh file, hingga streaming video dan musik online meskipun dengan kecepatan yang tidak secepat internet kabel.

Sedangkan internet kabel yang juga memiliki kecepatan broadband akan memungkinkan Anda untuk melakukan semua yang Anda butuhkan agar bisa tetap online.

Namun, sementara kecepatan internet satelit cukup konstan, kecepatan internet kabel dapat bervariasi tergantung pada kedekatan Anda dengan provider yang digunakan.

Semakin dekat posisi Anda dengan keberadaan provider, semakin cepat dan lebih handal internet kabel yang Anda gunakan.

Meskipun secara kecepatan internet satelit belum secepat internet kabel, namun internet satelit memiliki keunggulan pada aksesnya yang sangat luas.

Jika ingin memilih, pilihlah jenis internet dengan mempertimbangkan perbedaannya yang sudah dijabarkan di atas. Semoga bermanfaat!

Reference : Cable vs. Satellite Internet

______________

PT. Mega Sarana Satelit (MSS) adalah official partner Thuraya di Indonesia. MSS berdedikasi dalam menyediakan solusi komunikasi terutama di lokasi yang terpencil atau sulit dijangkau seperti di daerah lepas pantai (offshore), pegunungan, hutan, bahkan udara (untuk penerbangan). Bentuk solusi kami adalah penjualan teknologi komunikasi satelit antara lain modem internet satelit, hp satelit dan telepon satelit. Hubungi kami jika ada pertanyaan seputar komunikasi melalui jaringan satelit.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *