Pentingnya Layanan Internet Satelit di Sektor Gas dan Minyak

internet satelit sektor gas minyak

Pentingnya Layanan Internet Satelit di Sektor Gas dan Minyak

Teknologi konektivitas modern telah mengubah berbagai industri. Hal ini benar, khususnya mengingat Internet of Things (IoT) muncul sebagai solusi utama.

Solusi IoT mendorong organisasi untuk mengumpulkan informasi dari beragam sumber, menyatukan data, dan menganalisisnya secara real time.

Dalam banyak kasus, perangkat IoT dapat dilengkapi dengan aplikasi tertanam yang memungkinkan mereka untuk secara otomatis merespon kondisi tertentu.

Dengan adanya konektivitas, peluang untuk inovasi bertambah besar. Organisasi dapat memanfaatkan konektivitas untuk menghilangkan penghalang operasional jangka panjang.

Namun, keuntungan ini hanya mungkin didapat jika jaringan yang digunakan dapat mengikuti tuntutan perangkat IoT.

Di sektor-sektor yang operasinya dilakukan di lokasi terpencil, seperti industri minyak dan gas, layanan broadband satelit pun memainkan peran penting.

Tantangan Industri Minyak dan Gas

Industri minyak dan gas telah melalui periode yang menantang karena harga yang turun dan pasar yang dibanjiri dengan pasokan.

Menurut PricewaterhouseCoopers, perusahaan minyak dan gas terus melanjutkan proses pengeboran meskipun harga minyak rendah karena mereka umumnya lebih peduli untuk menopang pangsa pasar daripada memaksimalkan pengembalian fiskal.

Strategi ini memang memiliki keuntungan, tapi hal ini juga berarti harga turun di seluruh sektor. Alhasil, jadi lebih sulit untuk mempertahankan pendapatan dan mendapatkan keunggulan kompetitif.

Di atas semua itu, PwC menemukan bahwa PHK, diskon dari penyedia layanan ladang minyak dan pemotongan belanja tidak cukup untuk menjaga perusahaan minyak dan gas menjelang penurunan harga.

Justru sudah waktunya bagi organisasi untuk mengambil alternatif baru demi mengembangkan solusi kreatif untuk masalah lama ini. Tantangan yang dihadapi industri minyak dan gas pun tidak hanya mengenai mekanika penawaran-penawaran yang sederhana.

Solusi Inovatif untuk Sektor Minyak dan Gas

PwC merekomendasikan agar perusahaan minyak dan gas bekerja keras untuk menghindari pemotongan biaya yang tidak perlu. Ada baiknya untuk melakukan penghematan.

Namun, harus teliti karena pengurangan biaya terutama investasi strategis juga dapat membatasi fleksibilitas bisnis di masa depan.

Bisnis juga harus dijalankan dengan pengoperasian yang bertarget karena banyak perusahaan minyak dan gas mengalami kesulitan mencoba memperluas operasi mereka.

Alhasil, mereka pun tak mampu bersaing dengan tuntutan unik dari segmen pasarnya. Kondisi ini semakin membuat penggunaan teknologi yang membantu perusahan berinovasi dan mengurangi biaya menjadi sangat penting.

Teknologi digital sangat penting untuk meningkatkan pemantauan dan operasi yang lebih baik di lapangan, dan solusi konektivitas sangatlah penting bagi pencapaian ini.

Memanfaatkan Internet Satelit untuk Mendorong Peningkatan Sektor Minyak dan Gas

Teknologi jaringan yang canggih dapat mendorong berbagai manfaat di sektor minyak dan gas. Menurut Automation World, IoT dapat digunakan di ladang minyak untuk menciptakan lingkungan yang lebih terhubung dan cerdas, di mana data yang dikumpulkan dari berbagai sumber dapat digunakan untuk mendorong pencapaian kinerja.

Meskipun ada beberapa faktor yang menghambat industri, manfaat potensial dari inovasi ini terlalu besar untuk diabaikan.

Memperbaiki konektivitas di lapangan bisa jadi sangat sulit. Dibutuhkan susunan router, switch, titik akses nirkabel, dan sistem backhaul yang kompleks untuk memungkinkan pengguna menyelesaikan tugas-tugas yang sangat beragam.

Keragaman tersebut merupakan salah satu tantangan utama sehingga organisasi harus siap untuk mendukung alur kerja data secara maksimal dengan memanfaatkan sistem broadband satelit modern yang dapat diandalkan.

Pentingnya Konektivitas Satelit yang Canggih

Fungsi yang canggih seperti pemanfaatan data memungkinkan organisasi untuk memaksimalkan nilai yang mereka terima dari investasi jaringan.

Koneksi satelit mungkin hadir dengan sejumlah keterbatasan bandwidth, namun penyedia layanan terkemuka bekerja sama dengan perusahaan jaringan untuk menawarkan kinerja yang dibutuhkan oleh banyak perusahaan saat ini.

Jalur Informasi Alur Kerja Minyak Dan Gas

Untuk memahami pentingnya teknologi, ketahui jalur pengiriman informasi atau data dalam alur kerja minyak dan gas berikut:

Informasi dibuat oleh perangkat IoT yang memantau bor di platform lepas pantai terpencil.  Data yang dihasilkan dikirim ke titik akses nirkabel.

Dari WAP, informasi berpindah ke LAN kabel yang berfungsi sebagai backhaul untuk sistem Wi-Fi.
LAN terhubung ke jaringan akses untuk menyediakan tautan ke jaringan Wi-Fi atau LTE yang menghubungkan beberapa segmen jaringan di segmen platform lepas pantai.

Satelit mengambil informasi ini dari tautan jaringan langsung dan mengirimkan informasi tersebut kembali ke server utama (biasanya di lokasi geografis yang jauh).

Jaringan satelit modern mampu mengoptimalkan performa sehingga dapat menghilangkan latensi, memastikan tim Anda mendapatkan informasi yang dibutuhkan secara real time.

Tak hanya itu, jaringan ini juga mampu mengatasi hambatan konektivitas jangka panjang dan memberi perusahaan minyak dan gas keunggulan kompetitif yang membantu mereka menonjol dari para pesaingnya.
______________

PT. Mega Sarana Satelit (MSS) adalah official partner Thuraya di Indonesia. MSS berdedikasi dalam menyediakan solusi komunikasi terutama di lokasi yang terpencil atau sulit dijangkau seperti di daerah lepas pantai (offshore), pegunungan, hutan, bahkan udara (untuk penerbangan). Bentuk solusi kami adalah penjualan teknologi komunikasi satelit antara lain modem internet satelit, hp satelit dan telepon satelit. Hubungi kami jika ada pertanyaan seputar komunikasi melalui jaringan satelit.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *