Daftar Peralatan untuk Berpetualang secara Aman di dalam Hutan

Peralatan untuk Berpetualang

Daftar Peralatan untuk Berpetualang secara Aman di dalam Hutan

Petualangan telah menjadi cita-cita banyak orang, terutama bagi mereka yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi.

Berpetualang dapat dilakukan di berbagai macam medan yang memang pada umumnya sulit untuk dijangkau. Mulai dari pulau tak berpenghuni, kota yang ditinggalkan, hingga hutan rimba.

Jika Anda berada di Indonesia, petualangan di hutan merupakan opsi yang paling menarik. Selain dekat, hutan tropis Indonesia juga masih menyembunyikan banyak hal yang mungkin asing di mata Anda.

Tetapi, ada kalanya petualangan di hutan menjadi berbahaya. Oleh karena itu, Anda membutuhkan persiapan peralatan supaya petualangan tetap aman. Berikut ini daftar peralatan untuk berpetualang secara aman di dalam hutan.

Pisau lipat

Anda tidak dapat melewatkan peralatan yang satu ini dalam daftar peralatan petualangan. Pisau dapat Anda gunakan untuk membuka jalan dalam medan hutan yang terkenal berbelit.

Selain itu, pisau juga dapat Anda gunakan untuk memotong bahan makanan. Pilihlah pisau lipat yang serbaguna untuk masuk daftar peralatan Anda.

Tablet pemurni air

Tubuh manusia selalu membutuhkan air. Tanpa adanya air, maka Anda akan mengalami dehidrasi sehingga tubuh terasa lemas.

Hal ini tentu tidak Anda inginkan saat melakukan petualangan di dalam hutan. Untuk itu, pastikan kebutuhan air Anda terjamin dengan menggunakan tablet pemurni air.

Dengan tablet ini, tidak perlu membawa perbekalan air yang banyak karena Anda dapat mengambil sumber air terdekat dan memurnikannya. Praktis, bukan?

Fire starter

Selain air, elemen penting yang dibutuhkan manusia saat berpetualan di dalam hutan adalah api. Api membantu manusia untuk bertahan hidup dan terhindar dari gangguan binatang buas.

Namun, membuat api di dalam hutan jelas tidak semudah saat Anda menyalakan kompor gas. Oleh karena itu, Anda membutuhkan fire starter guna membuat api.

Untuk menghasilkan api, gesekkan fire starter Anda pada pisau lipat.

Jas hujan

Cuaca di dalam hutan tropis Indonesia sangat sulit untuk diprediksi. Terkadang terik, tetapi tidak jarang juga akan turun hujan.

Sebagai langkah antisipasi, Anda bisa mempersiapkan jas hujan. Agar tidak memberatkan bawaan Anda, bawalah jas hujan sekali pakai yang relatif lebih ringan dan tidak makan tempat.

Saat jas hujan tersebut rusak karena air hujan, Anda dapat memanfaatkannya sebagai tambahan alas tidur.

Obat-obatan

Di dalam hutan, ada kalanya Anda akan menghadapi situasi yang benar-benar tidak terduga, mulai dari gangguan binatang buas hingga serangan penyakit.

Untuk itu, Anda perlu memasukkan obat-obatan ke daftar perlengkapan. Pastikan untuk membawa obat anti infeksi seperti tablet Tertracycline guna mencegah penyebaran bakteri penyebab infeksi di dalam tubuh.

Selain itu, bawalah pula obat diare seperti imodium. Diare yang tidak segera ditangani dapat menyebabkan dehidrasi parah yang berbahaya bagi manusia.

Untuk pertolongan pertama pada luka, sediakan salep antibiotik seperti Neosporin atau Bacitracin serta alkohol. Supaya tidak terlalu memakan tempat, Anda bisa menggunakan alkohol lembaran.

Penangkis serangga

Keberadaan serangga di dalam hutan tropis tidak mungkin dihindari lagi. Bahkan, serangga yang ada di dalam hutan tropis terkadang berukuran lebih besar daripada serangga yang ada di perkotaan.

Dikhawatirkan, serangga tersebut membawa penyakit yang berbahaya bagi Anda. Sebagai langkah pencegahan, bawalah penangkis serangga berbentuk lotion atau spray.

Telepon satelit

Berpetualang di dalam hutan tentu merupakan sebuah pengalaman yang mendebarkan. Anda dapat menyalurkan hasrat berpetualang melalui kegiatan ini.

Terkadang, situasi darurat di dalam hutan tidak dapat Anda atasi hanya dengan obat-obatan saja. Namun, ada kalanya Anda memerlukan pertolongan darurat yang lebih intensif oleh ahli.

Padahal, sebagaimana yang telah Anda ketahui, untuk mendapatkan sinyal komunikasi di dalam hutan sangat sulit karena tidak adanya penangkap sinyal. Lalu, bagaimana solusinya?

Untuk tetap dapat berkomunikasi dengan lancar selama Anda berada dalam hutan, gunakanlah Thuraya XT-PRO Dual.

Dengan kombinasi dua operator satelit terbaik ini, Anda akan merasakan komunikasi yang lancar dan aman bahkan dalam lokasi yang terpencil sekali pun.

Jadi, sudahkah Anda siap berpetualang di dalam hutan? Jangan lupa bawa berbagai peralatan di atas, ya!

Referensi : Tropical Jungle (land) Survival Kit – Essentials

______________

PT. Mega Sarana Satelit (MSS) adalah official partner Thuraya di Indonesia.  MSS berdedikasi dalam menyediakan solusi komunikasi terutama di lokasi yang terpencil atau sulit dijangkau seperti di daerah lepas pantai (offshore), pegunungan, hutan, bahkan udara (untuk penerbangan).  Bentuk solusi kami adalah penjualan teknologi komunikasi satelit antara lain modem internet satelit, hp satelit dan telepon satelit.  Hubungi kami jika ada pertanyaan seputar komunikasi melalui jaringan satelit.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *