Cara Kerja Telepon Satelit

cara kerja telepon satelit

Cara Kerja Telepon Satelit

Telepon satelit kini cukup banyak diminati oleh masyarakat. Akses jangkauannya yang lebih luas dibandingkan dengan telepon biasa membuat telepon satelit dapat diandalkan untuk memenuhi kebutuhan komunikasi di daerah-daerah terpencil yang sulit dijangkau.

Namun, pernahkah Anda bertanya-tanya tentang mekanisme kerja telepon satelit? Simak penjelasannya di bawah ini!

Apa itu telepon satelit?

Telepon satelit merupakan layanan telekomunikasi berupa telepon tanpa kabel yang memiliki jangkauan lebih luas dibandingkan dengan telepon berbasis GSM.

Hal ini dikarenakan base transceiver station (BTS) telepon satelit berada di udara, sedangkan telepon berbasis GSM menempatkan BTS nya di darat.

Telepon satelit diciptakan untuk menjembatani komunikasi industri yang letaknya di daerah terpencil.

Contohnya, menghubungkan kantor pusat dengan unit pengeboran minyak yang terletak di lepas pantai

Cara kerja telepon satelit

Sebetulnya, telepon satelit memiliki cara kerja yang mirip dengan telepon seluler. Bedanya adalah telepon seluler mengirimkan sinyal panggilan menuju menara pemancar ke telepon tujuan. Sementara itu, telepon satelit mengirimkan sinyal panggilan ke satelit di luar angkasa.

Antena telepon satelit harus berada di lokasi yang dapat berkoneksi dengan langit secara langsung tanpa adanya penghalang. Masukkan nomor telepon yang dituju, lalu tekan tanda kirim.

Telepon akan melakukan proses menemukan satelit yang paling dekat dengan telepon asal lalu mengirim informasi tersebut.

Dari luar angkasa ke bumi

Satelit yang menerima telepon kemudian mengirimkan panggilan ke mesin penerima melalui sebuah gateway untuk meneruskan panggilan.

Gateway akan mengirimkan sinyal tersebut ke satelit terdekat, yang akan meneruskan panggilan hingga mencapai salah satu gateway yang dapat melacak penerima.

Lama waktu yang dibutuhkan tergantung seberapa jauh lokasi antara penelepon dan penerima. Format panggilan telah diubah sehingga dapat diterima oleh telepon seluler atau telepon standar.

Panggilan dari penelepon ke penerima dapat tersambung bila telah dilakukan perubahan format dan koneksi sudah terbangun.

Kelebihan telepon satelit

Dengan cara kerja dan berbagai karakteristiknya tersebut, telepon satelit mampu memberikan beberapa kelebihan berikut ini:

Telepon satelit dapat menjangkau area yang tak bisa diakses oleh telepon biasa. Jangkauannya sangat luas, bahkan di daerah terpencil yang tidak terhubung jaringan telepon GSM.

Jangkauan teleponnya tidak mudah terputus oleh bencana alam karena tahan terhadap air dan guncangan.

Telepon satelit dapat membuat sambungan telepon meski jaringan telepon GSM terputus sehingga mudah memantau daerah yang berada dalam kondisi porak poranda akibat bencana.

Dapat menghubungkan dua lokasi yang sangat jauh dalam waktu yang singkat. Bisa menjangkau hingga ke tengah laut dan samudera. Cocok digunakan untuk Anda yang bekerja di daerah pengeboran minyak atau daerah terpencil lainnya.

Aturan terkait penggunaan telepon satelit

Meski mampu memberikan berbagai kelebihan, telepon satelit ternyata tidak diizinkan penggunaannya di negara-negara tertentu.

Beberapa di antaranya adalah Korea Utara, India, Myanmar, dan Kuba. Sedangkan, negara-negara lainnya punya aturan yang berbeda untuk telepon satelit.

Australia justru memberikan subsidi atau keringanan bagi warganya yang menggunakan telepon satelit jika mereka tinggal di daerah terpencil.

Sementara itu di Rusia, pemakaian telepon satelit diizinkan, namun diawasi dan disadap oleh pemerintah.

Telepon satelit punya jangkauan yang sangat luas sehingga bermanfaat untuk berkomunikasi di daerah-daerah yang tidak dapat dijangkau oleh telepon biasa.

Belum lagi kemampuannya yang inovatif dan dilengkapi berbagai fitur penunjang yang dapat memudahkan Anda berkomunikasi meskipun berada dalam kondisi maupun suhu yang ekstrem.

Sumber referensi : How Do Satellite Phones Work?

______________

PT. Mega Sarana Satelit (MSS) adalah official partner Thuraya di Indonesia.  MSS berdedikasi dalam menyediakan solusi komunikasi terutama di lokasi yang terpencil atau sulit dijangkau seperti di daerah lepas pantai (offshore), pegunungan, hutan, bahkan udara (untuk penerbangan).  Bentuk solusi kami adalah penjualan teknologi komunikasi satelit antara lain modem internet satelit, hp satelit dan telepon satelit.  Hubungi kami jika ada pertanyaan seputar komunikasi melalui jaringan satelit.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *