Inovasi Antena Satelit Panel Datar untuk Komunikasi di Laut

Inovasi Antena Satelit Panel Datar untuk Komunikasi di Laut

Antena satelit memainkan peran penting dalam proses komunikasi di laut. Implementasi perangkat, fungsionalitas, dan bahkan penentuan posisi, semuanya sangat memengaruhi kemampuan pemilik kapal pesiar dan perusahaan manajemen charter untuk menyediakan kru dan pelanggan mereka konektivitas jarak jauh.

Berinvestasi dalam perangkat lunak dan peralatan terbaru harus dilihat sebagai komponen penting dari perencanaan komunikasi yang diperlukan.

Mengadopsi teknologi mutakhir dapat meningkatkan kenyamanan kru dan pelanggan karena memungkinkan mereka untuk mendapatkan berkomunikasi meskipun berada di tengah laut..

Selama beberapa tahun terakhir, komunikasi satelit pun telah mengalami transformasi besar. Kemajuan teknologi baru dan inovasi produk telah hadir untuk tidak hanya meningkatkan keandalan dan efisiensi konektivitas, tetapi juga membuatnya lebih hemat biaya.

Masalah Konektivitas di Laut

Saat ini, perusahaan maritim menghadapi berbagai masalah yang berkaitan dengan antena mereka. Sering kali perancang kapal dan insinyur VSAT berselisih pendapat tentang penempatan, ukuran, dan posisi satcom domes, kadang-kadang disebut sebagai “telinga Mickey Mouse.”

Selain strukturnya yang kurang enak dipandang, satcom domes juga memiliki banyak bagian yang bergerak dan menghadirkan sejumlah masalah teknis dan praktis.

Penting untuk memastikan bahwa peralatan besar ini tidak berada di zona penyumbatan atau dipasang dengan cara yang menghalangi pandangan satelit.

Pasalnya, hal tersebut dapat berdampak pada konektivitas onboard dan mempersulit pelanggan dan kru dalam melakukan komunikasi jarak jauh.

Selain itu, karena ukuran dan beratnya, kapal juga hanya memiliki opsi pemasangan yang sedikit.
Semua faktor ini telah memicu inisiatif untuk menemukan alternatif yang lebih baik.

Beberapa tahun yang lalu, Kymeta Corporation mengumumkan akan mulai menggunakan metamaterial dan teknologi panel datar di antena dan terminal komunikasi.

Keuntungan antena panel datar

Antena panel datar menawarkan berbagai manfaat bagi industri maritim, termasuk:

Kecil dan ringan: Karena tidak ada bagian yang bergerak, panel datar lebih kecil dan lebih tipis. MegaYacht mengungkapkan bahwa Kymeta FPA rata-rata memiliki diameter sekitar 80 sentimeter.

Menarik secara visual: Antena panel datar menawarkan tampilan yang secara visual lebih baik dibanding rekan-rekan konvensionalnya. Alih-alih memasangnya ke tiang, pemilik kapal pesiar akan memiliki lebih banyak variasi penempatan untuk dipilih dengan panel ini, terutama dengan penggunaan sinar elektronik.

Meningkatkan akurasi dan efisiensi bandwidth: Kemampuan antena ini untuk mengarahkan secara elektronik, daripada secara mekanis, meningkatkan kemungkinannya untuk mampu mempertahankan koneksi satelit secara konstan.

Untuk konektivitas yang andal, penting bagi terminal untuk dapat dengan mudah beralih antara balok dan, terutama pada kapal transportasi, menjaga profil dan berat yang kecil dan ringan.

Struktur antena parabola tradisional yang besar, berat, dan beraneka ragam membuat potensi masalah pada broadband dan komunikasi di laut menjadi lebih besar.

Itulah sebabnya mengapa antena panel datar secara luas dianggap sebagai teknologi inovatif yang dapat membantu meningkatkan efisiensi bandwidth yang lebih tinggi.

Antena ini juga dapat membantu pertumbuhan mobilitas bahan bakar, baik untuk sistem satelit maupun non-geosynchronous throughput yang tinggi.

Northern Sky Research, yang baru-baru ini menerbitkan laporan Analisis Antena Satelit Panel Datar, menunjukkan bahwa banyak masalah yang telah menjangkiti industri kapal di masa lalu disebabkan oleh layanan terminal darat yang berbiaya tinggi dan berkualitas rendah.

Teknologi panel datar untuk jaringan satelit adalah solusi komunikasi kapal

Sekarang, munculnya pengembangan teknologi panel datar dapat memfasilitasi lebih banyak integrasi dan kolaborasi antara produsen peralatan satelit, penyedia layanan dan operator sehingga menggerakkan pasar menuju solusi harga dan kinerja yang lebih baik.

Saat ini, konektivitas yang andal bukan hanya sekadar kenyamanan, namun suatu keharusan. Pentingnya mengembangkan model bisnis yang berjalan seiring dengan kecepatan dan kecanggihan inovasi teknologi pun tidak bisa diabaikan.

Dengan tetap berada di puncak tren industri yang sedang berkembang dan perkembangan produk, pemilik kapal dan perusahaan manajemen charter akan dapat memanfaatkan solusi komunikasi jarak jauh canggih yang diperlukan untuk memenuhi harapan para pelanggan.

Thuraya Atlas IP adalah terminal satelit maritim yang secara khusus dirancang untuk mendukung konektivitas data IP broadband dan suara. Solusi konektivitas di tengah laut.  Untuk komunikasi Anda dapat menggunakan Thuraya SF 2500.
______________

PT. Mega Sarana Satelit (MSS) adalah official partner Thuraya di Indonesia. MSS berdedikasi dalam menyediakan solusi komunikasi terutama di lokasi yang terpencil atau sulit dijangkau seperti di daerah lepas pantai (offshore), pegunungan, hutan, bahkan udara (untuk penerbangan). Bentuk solusi kami adalah penjualan teknologi komunikasi satelit antara lain modem internet satelit, hp satelit dan telepon satelit. Hubungi kami jika ada pertanyaan seputar komunikasi melalui jaringan satelit.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *