Bagaimana Cara Mengakses Internet dari Tengah Laut?

internet dari tengah laut

Bagaimana Cara Mengakses Internet dari Tengah Laut?

Pada masa kini internet adalah sebuah kebutuhan.  Namun, apakah yang harus Anda lakukan jika Anda harus mengakses internet di tengah laut/daerah lepas pantai (offshore)?

Bekerja di penambangan daerah lepas pantai itu berat dan ketat. Setiap orang yang mau bekerja di penambangan minyak biasanya ertanya-tanya bagaimana hidup dengan lingkungan seperti itu.

Terisolasi ekstrim di suatu tempat di tengah laut terbuka lepas pantai, jauh dari mana-mana.  Suhu udara yang dingin atau sangat panas membuat orang-orang jadi tidak bersemangat.  Akan berat jika tidak ada internet atau hiburan apapun.

Berikut adalah beberapa cara mengakses internet dari tengah laut.

Menggunakan sistem dial-up

Sistem ini merupakan cara pertama yang ditemukan untuk mengakses internet. Anda mungkin sudah pernah menggunakan sistem ini untuk internet di rumah dahulu.

Caranya, Anda menghubungkan telepon dengan komputer atau perangkat lain yang akan digunakan. Telepon Anda akan bertindak sebagai modem untuk mengakses internet.

Namun, sistem ini memiliki kelemahan. Kualitas jaringan dari sistem ini sangat bergantung dari sinyal yang diterima oleh telepon.

Oleh karena itu, akses internet dengan sistem dial-up tidak dianjurkan terutama jika Anda akan menggunakan layanan dengan internet traffic yang tinggi.

Tetapi jika Anda menggunakannya untuk layanan yang ringan, sistem ini masih dapat berfungsi dengan baik.

Menggunakan perangkat nirkabel

Saat ini, telah tersedia beragam perangkat untuk mengakses internet dengan mudah. Salah satunya dengan perangkat nirkabel seperti modem portabel.

Jenis perangkat ini pun sekarang mudah untuk ditemukan di mana saja. Anda juga dapat menggunakan perangkat nirkabel untuk mengakses internet saat berada di tengah laut.

Anda tidak akan memerlukan kabel untuk menghubungkan modem dengan perangkat yang akan digunakan. Selain itu, karena sifatnya yang nirkabel, modem portabel juga mudah untuk dibawa.

Koneksi internet yang Anda dapatkan juga akan rahasia karena tidak akan dibagi dengan pengguna yang lain. Hal ini tentu akan membantu proteksi terhadap komputer Anda.

Sayangnya, Anda hanya dapat menggunakan perangkat ini di saat kapal telah cukup dekat dengan daratan sehingga mampu untuk menerima sinyal.

Jadi, Anda hanya dapat menggunakan perangkat nirkabel ini saat kapal berada di dekat daratan atau saat kapal memang sedang berlabuh.

Namun, hal itu tidak akan menjadi masalah dengan modem internet satelit.

Menggunakan koneksi satelit

Cara yang satu ini dianggap sebagai yang paling tepat untuk mendapatkan akses internet. Dengan sistem ini, Anda akan mendapatkan akses internet melalui sebuah perangkat keras (hardware) yang telah terpasang dalam kapal pesiar.

Biasanya, Anda akan dikenai biaya tambahan untuk dapat mengakses internet dengan jenis koneksi ini. Tarifnya berkisar antara $50 hingga $100.

Anda juga tidak perlu ragu dengan kualitas sambungan internet jika menggunakan koneksi satelit. Jenis koneksi yang satu ini cenderung bebas hambatan karena penggunanya terhitung sedikit jika dibandingkan dengan koneksi menggunakan operator seluler.

Menggunakan koneksi ini, Anda akan lebih mudah mendapatkan akses internet yang lebih besar dan leluasa.

Tidak dapat dipungkiri, internet sekarang ini memang telah menjadi kebutuhan utama manusia. Tanpa adanya internet, kehidupan manusia saat ini akan cenderung terhambat.

Di mana saja manusia berada, mereka tetap membutuhkan internet. Bahkan saat manusia berada di lokasi yang terpencil pun, internet masih dibutuhkan.

Begitu pula saat berada di tengah laut, manusia masih membutuhkan internet. Ada yang sekadar untuk berkomunikasi, namun ada juga yang memerlukannya untuk urusan pekerjaan.

Untuk koneksi internet yang lancar selama berada di laut, Anda bisa menggunakan Thuraya Atlas IP+ yaitu broadband internet terminal wifi dengan koneksi melalui satelit.

Referensi : Maritime Internet options: How is Internet Provided on Ships?

______________

PT. Mega Sarana Satelit (MSS) adalah official partner Thuraya di Indonesia.  MSS berdedikasi dalam menyediakan solusi komunikasi terutama di lokasi yang terpencil atau sulit dijangkau seperti di daerah lepas pantai (offshore), pegunungan, hutan, bahkan udara (untuk penerbangan).  Bentuk solusi kami adalah penjualan teknologi komunikasi satelit antara lain modem internet satelit, hp satelit dan telepon satelit.  Hubungi kami jika ada pertanyaan seputar komunikasi melalui jaringan satelit.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *